Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Imlek, Malaysia Periksa Bebek China

Kompas.com - 12/01/2008, 16:26 WIB


KUALA LUMPUR, SABTU - Menjelang perayaan tahun baru Imlek Februari, pemerintah Malaysia mengambil ancang-ancang untuk memeriksa seluruh produk makanan asal China, terutama bebek dan jeruk Mandarin.

Ismail Merican, Sekjen Kementerian Kesehatan Malaysia, Sabtu (12/1), mengatakan para pengawas kesehatan akan memeriksa apakah produk-produk makanan itu mengandung logam berat. Ia mengatakan makanan yang terkontaminasi akan dihancurkan atau dikembalikan. "Kami akan memberitahukan kepada para pejabat di negara bagian soal apa yang harus difokuskan," kata Merican.

Merican mengatakan para pejabat akan memeriksa semua makanan yang mengandung pestisida dan residu kimia, seperti jeruk Mandarin, bebek, ikan, rumput laut, madu dan sayur atau buah yang diawetkan.

Malaysia mengimpor bermacam-macam produk makanan dari China senilai 680 juta dolar per tahun. Pada 2007, China dipermalukan oleh laporan bahwa banyak produk makanannya mengandung zat berbahaya.

Tak hanya makanan, produk lain asal China seperti ban mobil hingga mainan juga dilaporkan mengandung bahan-bahan berbahaya. Akibatnya, jutaan produk ditarik lagi dari peredaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com