Salin Artikel

Sekretaris TKN: Kami Tak Khawatir dengan Klaim Sepihak, Dulu Juga Pernah Terjadi

"Terhadap klaim sepihak, kami tidak khawatir karena 2014 pun dulu juga terjadi," ujar Hasto di kediaman Megawati Soekarnoputri di Kebagusan, Jakarta, Rabu (17/4/2019).

Bahkan, menurut Hasto, pada 2014 ada lembaga-lembaga survei yang mendapatkan sanksi karena ketidakmampuan mempertanggungjawabkan metodologi dan hasil penelitian.

Menurut Hasto, klaim seharusnya berdasarkan data dan landasan penghitungan yang bisa dipercaya oleh publik.

Pada Pilpres 2019 ini, menurut Hasto, hasil penghitungan internal maupun penghitungan oleh lembaga-lembaga independen menunjukkan hasil yang sama.

Menurut Hasto, rakyat masih menaruh kepercayaan kepada Joko Widodo.

"Rakyat memberikan dukungan bagi Pak Jokowi dan Ma'ruf Amin, dengan angka dan selisih yang cukup jauh dengan Pak Prabowo dan Pak Sandi," kata Hasto.

Sebelumnya, Direktur Kampanye Badan Pemenangan Nasional pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno (BPN), Sugiono, mengumumkan hasil perolehan suara berdasarkan survei pasca-pencoblosan atau exit poll.

Berdasarkan hasil exit poll internal BPN, pasangan Prabowo Subianto memperoleh suara sebesar 55,4 persen, sementara pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin 42,8 persen.

Hasil itu berbeda dengan penghitungan sejumlah lembaga independent yang melakukan hitung cepat.

https://nasional.kompas.com/read/2019/04/17/16325251/sekretaris-tkn-kami-tak-khawatir-dengan-klaim-sepihak-dulu-juga-pernah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke