Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fadli Zon Yakin Tito Mampu Hadapi Tantangan Polri

Kompas.com - 13/07/2016, 13:06 WIB
Nabilla Tashandra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon mengucapkan selamat kepada Komjen Pol Tito Karnavian yang akan dilantik sebagai Kapolri oleh Presiden Joko Widodo pada hari ini, Rabu (13/7/2016).

Tito menggantikan Jenderal Pol Badrodin Haiti. Serangkaian pekerjaan rumah menanti Tito.

Fadli menyoroti beberapa hal yang perlu dibenahi oleh institusi Kepolisian.

"Tentu sudah cukup banyak prestasi selama ini, tapi masih banyak hal yang perlu dibenahi terkait masalah kriminalitas, sampai masalah lalu lintas, terorisme, dan sebagainya," kata Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu.

Selain itu, Fadli mengingatkan agar Tito mencermati perkembangan kondisi perekonomian di Indonesia. Sebab, tingkat ekonomi masyarakat berkaitan dengan tingkat kriminalitas.

Artinya, lanjut dia, tantangan ekonomi juga akan berpengaruh pada tingkat keamanan negara.

"Di sini lah tantangan Kapolri baru. Tapi saya yakin dengan koordinasi dan konsolidasi dari seluruh jajaran Polri akan bisa memberikan kendali secara vertikal," kata politisi Partai Gerindra itu.

Presiden Joko Widodo akan melantik Komisaris Jenderal (Pol) Tito Karnavian sebagai Kepala Polri menggantikan Jenderal Badrodin Haiti pada hari ini, Rabu (13/7/2016).

Pelantikan akan berlangsung di Istana Negara, Jakarta, pada pukul 14.00 WIB.

Adapun soal pengganti Tito sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan, Presiden belum memutuskan.

Menurut Pratikno, langkah itu bertujuan agar Tito dapat memberikan masukan ke Presiden soal siapa sosok yang tepat untuk mengisi jabatan Kepala BNPT.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com