Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jazuli-Zakki Janjikan Rp 1 Miliar Per Desa

Kompas.com - 16/10/2011, 19:37 WIB

SERANG, KOMPAS.com — Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Banten 2011, Jazuli Juwaini-Makmun Muzakki, menawarkan sembilan program unggulan yang akan dilaksanakan jika mereka terpilih sebagai pasangan kepala daerah. Salah satu di antaranya menganggarkan Rp 1 miliar per desa untuk pengadaan infrastruktur.

Pernyataan tersebut disampaikan pasangan tersebut pada kampanye terbuka di Stadion Maulana Yusuf Kota Serang, Minggu (16/10/2011). "Kami memiliki sembilan janji yang merupakan program unggulan, bisa diwujudkan jika nanti kami terpilih menjadi gubernur dan wakil gubernur Banten. Tujuannya untuk mewujudkan masyarakat Banten agar segera sejahtera," kata Jazuli di hadapan ribuan pendukung dan kader serta simpatisan koalisi PKS, PPP, PBR, dan PKNU.

Selain anggaran infrastruktur di setiap desa, pasangan nomor urut tiga itu menjanjikan penyediaan setengah juta lapangan pekerjaan, pendidikan seratus persen gratis sampai dengan SMA/SLTA, menyediakan satu unit traktor untuk setiap gabungan kelompok tani, serta pelayanan kesehatan gratis di puskesmas dan di RSUD kamar kelas tiga. Pasangan tersebut juga menjanjikan pengadaan sarana olahraga lengkap untuk umum di setiap kecamatan serta penyediaan beras untuk masyarakat kurang mampu sebanyak 15 kilogram per bulan per kepala keluarga.

Jazuli-Zakki juga berjanji menyediakan kredit usaha untuk kaum ibu sebesar Rp 10 juta per RW dan bantuan dana pengembangan Rp 100 juta di setiap pondok pesantren. "Nanti kita jangan lagi mendengar orang miskin tidak bisa berobat karena tidak ada uang. Jangan lagi mendengar orang tidak mampu di Banten tidak bisa bersekolah karena tidak punya duit," kata Jazuli.

Pada kampanye tersebut, hadir sebagai juru kampanye Sekjen PKS Anis Matta, Ketua DPW PKS Banten Irfan Maulidi, Ketua DPW PPP Banten Mardiono, Ketua DPW PBR Sabrawijaya, dan Ketua DPW PKNU Ali Nurdin serta sejumlah juru kampanye lainnya. Kampanye itu juga menampilkan peragaan pencoblosan nomor urut tiga yang dilakukan langsung oleh Jazuli Juwaini didampingi Makmun Muzakki. Para pendukung, kader dan simpatisan pasangan Jazuli-Zakki juga terhibur dengan penampilan grup musik Wali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com