Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lahan Parkir Pink Khusus Wanita di Seoul

Kompas.com - 06/08/2009, 11:47 WIB

SEOUL, KOMPAS.com — Seoul, Korea Selatan, memulai kampanye untuk lebih ramah pada wanita. Pasalnya, kota tersebut mencanangkan beberapa tempat parkir mobil untuk dicat pink. Bukan tanpa alasan, lahan parkir tersebut dipersiapkan untuk wanita yang menyetir dan menggunakan sepatu berhak tinggi.

Proyek yang melibatkan 4.929 tempat parkir publik dan umum ini diberi tajuk “Women Friendly Seoul Project”. Lahan parkir ini disiapkan khusus untuk para pengendara wanita agar mereka tak harus berjalan jauh ke mal. Ini merupakan salah satu usaha Wali Kota Seoul, Oh Se Hoon, untuk mengajak kotanya lebih bersahabat dan aman untuk wanita.

Dilaporkan Time, program ini diluncurkan di bawah kampanye yang dicanangkan Oh Se Hoon, “Happy Women, Happy Seoul” pada tahun 2007 dengan anggaran sebesar 104 juta dollar. Program ini diberlakukan dengan fokus utama kepada para ibu muda yang memiliki anak kecil dan wanita yang tidak bekerja. Program-program lain yang juga termasuk dalam kampanye tersebut antara lain; membantu mencarikan pekerjaan para wanita yang sedang menganggur, membangun jalanan yang memudahkan wanita yang mengenakan sepatu berhak tinggi untuk berjalan, lebih banyak toilet umum wanita, memperbaiki pencahayaan di tempat umum, lahan parkir aman untuk wanita, pelayanan taksi untuk wanita, dan menambah tempat penitipan anak.

Wakil Wali Kota bagian Wanita dan Keluarga, Cho Eun Hee, mengatakan bahwa tujuan proyek yang diperkirakan selesai pada tahun 2010 ini adalah untuk menghilangkan ketidaknyamanan dan kecemasan para wanita yang ada di Seoul. Saat ini tingkat perbedaan gender di kota tersebut memang cukup tinggi. Para wanita ternyata tidak memiliki banyak kesempatan setara dengan pria dalam urusan rumah tangga dan karier.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com