Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Megawati Sengaja Resmikan Kantor Baru PDI-P Bertepatan Hari Lahir Pancasila

Kompas.com - 01/06/2015, 16:06 WIB
Indra Akuntono

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menyampaikan alasannya meresmikan kantor baru DPP PDI-P pada Senin (1/6/2015) hari ini. Megawati mengakui bahwa waktu peresmian sengaja dilaksanakan tepat di hari lahir Pancasila yang diperingati tiap 1 Juni.

Megawati menegaskan, dalam Kongres II PDI-P pada 2005, ditetapkan bahwa ideologi PDI-P adalah Pancasila, yang dicetuskan presiden pertama RI Soekarno pada 1 Juni 1945. Dengan begitu, ia ingin menjadikan momentum itu untuk meresmikan kantor baru DPP PDI-P.

"Saya memilih tanggal itu (1 Juni) karena seperti kita ketahui, di kongres itu telah dinyatakan bahwa ideologi kita adalah Pancasila," kata Megawati saat berpidato di acara peresmian kantor baru DPP PDI-P, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Senin (1/6/2015).

Kantor baru DPP PDI-P ini sedianya mulai dibangun pada awal 2014. Namun, karena alasan izin pembangunan, akhirnya diundur dan penarikan tali tiang pancangnya baru dilakukan 16 Mei 2014.

Adapun anggaran pembangunan kantor baru DPP PDI-P ini mencapai Rp 42,6 miliar. Anggaran tersebut berasal dari iuran internal kader PDI-P selama lima tahun.

Kantor baru DPP PDI-P ini terdiri dari tujuh lantai. Lima lantai untuk kantor PDI-P dan dua lantai bawah tanah untuk lahan parkir. Kantor ini nantinya akan menjadi pusat pergerakan PDI-P. Kantor lama di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, akan difokuskan untuk kegiatan pengaderan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com