Kamis, 28 Agustus 2014

News / Nasional

Gerindra DKI Optimistis Peroleh 22 Kursi DPRD

Senin, 22 April 2013 | 04:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — DPD Partai Gerindra DKI Jakarta optimistis dapat memperoleh minimal 22 kursi dari 106 kursi yang diperebutkan di DPRD DKI Jakarta periode 2014-2019. Terlebih lagi, mayoritas caleg yang diusung Gerindra sebanyak 90 persen dikuasai generasi muda yang berumur di bawah 40 tahun.

Hal tersebut disampaikan Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta M Taufik seusai proses penyerahan DCS ke KPUD DKI Jakarta pada Minggu siang. Dalam DCS yang diserahkan, Gerindra menyertakan 106 nama caleg. "Keenam anggota Dewan di DPRD DKI juga masuk dalam daftar caleg. Target 2014, kita pasti menang," jelas Taufik, Minggu (21/4/2013).

Mengenai penyerahan DCS yang baru dilakukan di hari-hari terakhir batas penyerahan, Taufik menjelaskan, hal itu karena Gerindra melakukan proses verifikasi faktual dan proses seleksi yang cukup lama, yaitu mulai dari 28 Februari hingga 17 April. Hal itu dimaksudkan agar caleg yang nantinya maju dalam pemilihan adalah caleg yang benar-benar berkualitas dan dikenal masyarakat.

Adapun dari 500 orang yang mengambil formulir, jelas Taufik, hanya 297 orang yang mengembalikan formulir. Kemudian dari 297 orang tersebut, dilakukan verifikasi faktual, proses seleksi mulai dari wawancara, tingkat elektabilitas, hingga legalisasi ijazah.

"Kita lakukan proses seleksi, bahkan kami minta bantuan sama mahasiswa untuk melihat tingkat elektabiltas di masyarakat. Kita mau lihat kedekatan bakal caleg ini di tengah-tengah masyarakat," kata Taufik.

"Saya minta seluruh caleg untuk mulai menyosialisasikan dirinya kepada masyarakat. Nomor urut tidak menentukan terpilih atau tidak terpilihnya caleg. Justru yang menentukan upaya keras caleg dalam menyosialisasikan diri dan memperkenalkan Gerindra di masyarakat," lanjutnya.

Dalam penyerahan DCS Gerindra itu, pengurus DPD Gerindra diterima oleh Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta Dahlia Umar, Ketua Pokja Pendaftaran Caleg DPRD dan DPD KPU Provinsi DKI Sumarno, dan anggota KPU Provinsi Aminullah.

Menurut Ketua KPUD DKI Jakarta Dahlia Umar, untuk proses penyerahan di KPUD DKI Jakarta, Gerindra menjadi partai kedua yang menyerahkan DCS setelah sebelumnya PKS telah menyerahkan DCS sejak Kamis (11/4/2013).

Batas penyerahan DCS dibuka sejak Selasa (9/4/2013) dan akan ditutup pada Senin (22/4/2013).


Penulis: Alsadad Rudi
Editor : Benny N Joewono