Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahfud MD: Indonesia Butuh Strong Leadership

Kompas.com - 25/03/2013, 05:43 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Koordinator Nasional Presidium Korps Alumni HMI (KAHMI), Prof Dr Mahfud MD mengungkapkan, untuk mengatasi berbagai persoalan sosial kebangsaan yang terjadi saat ini, maka indonesia saat ini sangat membutuhkan pemimpin yang kuat tegas dan bersih.

Pemimpin yang bersih dan tegas menjadi kebutuhan bangsa Indonesia, karena tidak dapat dipungkiri saat ini telah terjadi krisis kepemimpinan nasional yang berimbas pada keterpurukan bangsa.

Demikian diungkapkan Mahfud saat menyampaikan paparannya dalam acara silaturahim bersama Majelis Kahmi Maluku di Gedung Azhari Alfatah, Ambon, Minggu malam, acara tersebut mengambil tema "Soliditas Kahmi Menyongsong Kepemimpinan 2014".

"Indonesia butuh pemimpin yang kuat, pemimpin yang bersih dan berani. Bersih dari masalah korupsi dan berani untuk mengambil keputusan, misalnya kalau BBM tidak harus dinaikan jangan ragu tidak menaikan," kata Mahfud, Minggu (24/3/2013).

Mahfud yang juga Ketua Mahkamah Konstitusi ini menilai, Indonesia saat ini sedang mengalami masalah besar dibidang kepemimpinan, krisis tersebut lantas berpengaruh terhadap seluruh sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Ia juga menilai tak jarang banyak pihak dari negara luar yang menyebut bangsa indonesia sebagai bangsa yang korup. "Dari hasil indeks, indonesia menduduki peringkat ketiga terkorup di dunia, setara dengan Banglades, makanya tidak ada satupun orang yang tidak menyebut kita ini bangsa yang tidak korup," jelasnya.

Menurut Mahfud, dalam kondisi keterpurukan bangsa saat ini, maka sangat dibutuhkan pemimpin yang kuat dan bersih, dia juga menjelaskan keterpurukan yang terjadi saat ini selain lemahnya kepemimpinan, juga disebabkan karena lemahnya penegakan hukum dan terjadinya politik saling sandera.

"Penegakan hukum sangat lemah. Pemimpin seharusnya tidak harus takut," ujarnya.

Dalam kesempatan itu juga Mahfud mengajak seluruh alumni HMI untuk menyatukan soliditas dan visi dalam menyelamatkan bangsa indonesia saat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com