Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Janji Beri Perhatian Khusus

Kompas.com - 16/10/2012, 04:29 WIB

Jakarta, Kompas - Hingga Senin (15/10) siang, total jemaah haji asal Indonesia yang meninggal di Arab Saudi sebanyak 45 orang akibat sakit dan usia tua. Kementerian Agama berjanji meningkatkan pelayanan kesehatan, terutama memberikan perhatian khusus kepada jemaah berisiko tinggi dan memiliki riwayat penyakit.

Direktur Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama RI Anggito Abimanyu menyampaikan hal tersebut dalam jumpa pers di Jakarta, Senin. Dalam kesempatan itu, diperkenalkan juga iklan layanan masyarakat tentang prosedur pemberangkatan haji dari PT Sidomuncul. Hadir juga Direktur Utama PT Sidomuncul Irwan Hidayat.

Anggito Abimanyu menjelaskan, hingga Senin siang total jemaah yang sudah diberangkatkan ke Arab Saudi sebanyak 165.797 jemaah. Dari jumlah itu, 45 jemaah meninggal, terdiri dari satu orang meninggal di Jeddah, 17 orang di Madinah, dan 27 orang di Mekkah. Mereka wafat karena usia tua atau sakit.

Untuk mengantisipasi kondisi itu, Kementerian Agama berusaha meningkatkan pelayanan kesehatan. Para jemaah lanjut usia diberi pendamping untuk membantu menjaga kesehatan dan pelaksanaan ritual haji. Jemaah yang berisiko tinggi dipantau oleh bagian kesehatan.

”Namun, banyak juga gejala penyakit khusus yang baru ketahuan. Ini juga memerlukan perhatian dan pelayanan tambahan. Udara di Arab Saudi memang sedang panas pada siang hari,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, Senin (8/10) lalu, bus yang mengangkut 47 anggota jemaah haji Kelompok Terbang (Kloter) 13 Makassar terbakar dalam perjalanan dari Madinah menuju Mekkah. Semua koper, tas jinjing, dan barang milik jemaah hangus terbakar. Namun, tidak ada korban jiwa.

Menurut Anggito, perusahaan bus telah memberikan uang pengganti 1.000 riyal untuk setiap jemaah. (IAM)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com