Jumat, 29 Agustus 2014

News / Megapolitan

"Serangan Tengah Malam" untuk Jokowi

Kamis, 20 September 2012 | 02:05 WIB

Terkait

JAKARTA, KOMPAS.com — Menjelang pelaksanaan putaran kedua Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2012, salah satu calon gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, menjadi target "serangan tengah malam". Pasalnya, pada Rabu (19/9/2012) tengah malam beredar buklet berisi kumpulan artikel mengenai Solo dan Jokowi, panggilan akrab Joko Widodo.

Sekitar pukul 23.40 WIB, buklet setebal 32 halaman berwarna ini dibagikan di Jalan Gunung Sahari Raya, Jakarta. Buklet ini dibagikan oleh setidaknya tiga pemuda berusia 20 tahun-an. Salah satu di antara mereka mengenakan kaus hitam dan jaket jeans.

Buklet ini memiliki kata pengantar dan penutup. Sepenggal baris kata pengantar buklet ini berbunyi, "Apakah benar Jokowi berhasil memimpin Solo? Ataukah hanya isapan jempol yang dibesar-besarkan melalui media cetak/televisi di Jakarta?"

Ada 20 artikel dari beberapa kantor berita online yang ada dalam buklet ini, antara lain Harianjogja.com, Solopos.com, Detik.com, Kompas.com, Solopos.com, Mediaindonesia.com, Berita8.com. Harianjoglosemar.com, Liputan6.com, Timlo.net, dan Suaramerdeka.com.

Masing-masing artikel menggambarkan kemacetan yang terjadi di Solo, banjir, kemiskinan, human trafficking, sampah, korupsi, utang PDAM Solo, serta sepinya Pasar Panggungrejo dari pengunjung. Buklet ini tidak memiliki alamat redaksi yang jelas. Tidak diketahui siapa di balik pencetakan buklet ini.


Penulis: Tabita Diela
Editor : Aloysius Gonsaga Angi Ebo