Sabtu, 30 Agustus 2014

News / Megapolitan

Pasca-bentrokan, Penjagaan Kedubes AS Ditingkatkan

Selasa, 18 September 2012 | 22:23 WIB

Terkait

JAKARTA, KOMPAS.com — Sehari setelah didemo Forum Umat Islam terkait film Innocence of Muslims, Kedutaan Besar Amerika Serikat masih dijaga. Meski hanya protokoler, kewaspadaannya lebih ditingkatkan.

"Pengamanan di kedubes AS tetap berupa keamanan protokoler. Hanya saja kewaspadaannya ditambah," terang Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto di Mapolda Metro Jaya, Selasa (18/9/2012).

Rikwanto juga meminta warga Jakarta tetap beraktivitas seperti biasa. Jika ada unjuk rasa seperti Senin (17/9/2012), polisi akan menginformasikan kepada media.

"Kalau ada informasi mengenai demonstrasi, kami akan informasikan ke media agar jangan sampai aktivitas masyarakat terganggu," ujar Rikwanto.

Selain itu, Rikwanto juga meminta cabang-cabang franchise restoran siap saji asal Amerika Serikat tidak perlu khawatir. Mereka diminta tetap buka seperti biasa.

Sebelumnya, aksi unjuk rasa Forum Umat Islam di depan Kedubes AS pada Senin kemarin berlangsung rusuh. Mereka melempari ratusan polisi yang berjaga dengan batu, kayu, bahkan bom molotov.

Untuk memukul mundur demonstran yang sudah beringas, polisi menembakkan gas air mata dan water cannon. Pengunjuk rasa sempat mundur, tetapi kembali terjadi bentrokan.

Ada 11 dari pihak kepolisian yang terluka dan dibawa ke RS Medistra, Jakarta. Polisi juga menahan empat orang yang membawa ketapel. Namun, Senin malam mereka dilepaskan.

 


Penulis: Lariza Oky Adisty
Editor : Ana Shofiana Syatiri