Sabtu, 25 Oktober 2014

News / Regional

Pemudik Dianjurkan Lewat Jalur Selatan

Jumat, 17 Agustus 2012 | 13:10 WIB

CIREBON, KOMPAS.com — Untuk menghindari kemacetan di jalur pantai utara (pantura) Jawa Barat, pemudik dianjurkan agar melintasi jalur selatan. Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Jawa Barat Komisaris Besar Martinus Sitompul saat dihubungi, Jumat (17/8/2012), mengatakan, penumpukan kendaraan terjadi sejak di pintu masuk tol Cikampek.

"Kami sudah berkali-kali melakukan pengalihan arus dan pola buka-tutup, antara lain di Kilometer 66 Cikampek. Di titik itu, pemudik diarahkan ke kiri yang nantinya bisa ke arah Sadang (Karawang), atau masuk ke Tol Cileunyi yang bisa ke arah jalur selatan melalui Nagreg," katanya.

Jalur selatan saat ini relatif lebih lancar dibandingkan dengan jalur pantura. Untuk mengatasi kepadatan di pantura, skenario polisi berikutnya ialah mengarahkan kendaraan ke jalur tengah, yakni dari Sadang, Kalijati, Subang, Cikamurang, Kadipaten (Majalengka).

Namun, kemacetan selepas Kadipaten menuju Palimanan (Cirebon) juga tak terhindarkan. Dari pantauan di lapangan, pemudik sepeda motor macet total di Palimanan. Kondisi jalan sempit dan keberadaan pasar di kawasan itu menyebabkan pemudik berjalan merayap. Selepas Palimanan, arus kembali lancar hingga ke Losari-Brebes (Jawa Tengah).


Penulis: Rini Kustiasih
Editor : Rusdi Amral