Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden: Pertemuan Bukan Bahas Century

Kompas.com - 16/08/2012, 06:14 WIB

Jakarta, Kompas - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono membenarkan adanya pertemuan dengan pimpinan lembaga penegak hukum dan auditor pada 9 Oktober 2008. Namun, pertemuan itu bukan membahas Bank Century. Rapat tersebut membahas antisipasi krisis di dalam negeri.

”Saya katakan malam ini di hadapan Allah SWT, (pertemuan itu) tidak ada yang menyinggung nama Bank Century, apalagi membahas Bank Century,” kata Presiden dalam pernyataan persnya, Rabu (15/8) malam, di Istana Negara.

Hadir mendampingi Presiden, antara lain, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Djoko Suyanto; Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa; Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi; dan Sekretaris Kabinet Dipo Alam. Hadir pula Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha dan semua staf khusus Presiden, kecuali Staf Khusus Bidang Komunikasi Sosial Sardan Marbun.

Menurut Presiden, pernyataannya itu untuk meluruskan pemberitaan sebuah televisi swasta beberapa waktu lalu. Berita yang bersumber dari mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Antasari Azhar itu menyebutkan, awal Oktober 2008, Presiden memimpin pertemuan yang membahas dana talangan (bailout) Bank Century. ”Ini yang saya luruskan karena berita ini di samping tidak benar, juga menyesatkan,” kata Yudhoyono.

Presiden menjelaskan, pertemuan ketika itu dihadiri pejabat pada saat itu, yakni Ketua Badan Pemeriksa Keuangan Anwar Nasution, Ketua KPK Antasari Azhar, Kepala Polri Jenderal (Pol) Bambang Hendarso Danuri, Jaksa Agung Hendarman Supandji, serta Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Didi Widayadi. Turut mendampingi Presiden sejumlah anggota Kabinet Indonesia Bersatu I, yakni Menko Politik, Hukum, dan Keamanan Widodo AS, Menko Perekonomian ad interim Sri Mulyani Indrawati, Menteri Sekretaris Negara Hatta Rajasa, Sekretaris Kabinet Sudi Silalahi, serta Menteri Negara BUMN Sofyan Djalil.

Tujuan pertemuan itu untuk bertukar pikiran dan berkonsultasi dalam mengantisipasi krisis di dalam negeri. Pertemuan itu merupakan rangkaian pertemuan sebelumnya pada 6 Oktober 2008 di Gedung Sekretariat Negara, dihadiri Kabinet Indonesia Bersatu I, Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin), serta media massa. Setelah pertemuan dengan pimpinan penegak hukum dan auditor, dilanjutkan pertemuan dengan gubernur.

Menurut Presiden, dalam pertemuan 9 Oktober 2008 itu, ia membuka acara dengan menyampaikan perkembangan ekonomi dunia dan implikasinya bagi ekonomi Indonesia. Selanjutnya, satu per satu unsur pimpinan penegak hukum dan auditor dipersilakan menyampaikan pandangan. Namun, menteri yang hadir tidak menyampaikan pandangan.

Presiden menegaskan, dokumentasi pertemuan itu lengkap. Ada rekaman video, foto, dan catatan setiap menteri yang hadir. Ada juga transkrip pembicaraan utuh yang dibagikan seusai pernyataan pers. Buku setebal 40 halaman yang berjudul Bersatu Menghadapi Krisis itu dilengkapi foto-foto dokumentasi pertemuan tersebut.

”Politik itu memang punya banyak cara, tetapi pilihlah cara yang patut dan beretika. Menyebarkan berita yang tidak patut atau tidak benar itu bukanlah politik yang baik,” katanya.

Presiden mengaku lega telah membaca pernyataan pengacara Antasari, Maqdir Ismail, yang menyatakan pertemuan tersebut membahas antisipasi kemungkinan krisis ekonomi dan tidak membahas dana talangan Bank Century. Dengan pernyataan pengacara itu, pemberitaan sudah diluruskan sendiri.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com