Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelaksanaan Uji Kompetensi Rugikan Peserta Didik

Kompas.com - 01/08/2012, 15:41 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI), Retno Listiyarti menilai, pelaksanaan uji kompetensi guru (UKG) merugikan peserta didik. Sebab, banyak guru peserta yang terpaksa meninggalkan siswanya di kelas untuk mengikuti UKG. Uji kompetensi digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mulai 30 Juli-2 Agustus 2012.

"Setiap hari banyak guru meninggalkan sekolah untuk mengikuti UKG. Ini merugikan peserta didik yang kehilangan jam kegiatan belajar mengajarnya," kata Retno, di Kantor Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta, Rabu (1/8/2012).

Berdasarkan hasil pantauan FSGI selama dua hari pelaksanaan UKG di 17 daerah, banyak guru yang jauh dari akses transportasi harus datang ke kota/kabupaten dengan perjalanan lebih dari satu hari. Tak sedikit, kata Retno, para guru yang rela merogoh kantong cukup dalam karena harus menutupi biaya trasportasi yang mahal dan biaya penginapan.

"Mereka harus ke kota, menginap dan transportasinya juga mahal. Waktu tempuhnya ada yang sampai 2-3 hari," ujar Retno.

Seperti diberitakan, pelaksanaan UKG diwarnai banyak permasalahan. Mulai dari akses internet yang lemah, data yang tidak valid, sampai pada waktu belajar siswa yang akhirnya dikorbankan.

Terkait itu, FSGI dan beberapa organisasi guru lainnya bersama Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) akhirnya melakukan boikot pada pelaksanaan UKG. Mereka juga mendesak agar Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kemdikbud yang menyelenggarakan UKG harus melakukan evaluasi dan memberikan ruang untuk para guru untuk terlibat di dalamnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com