Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/07/2012, 12:42 WIB
Mukhamad Kurniawan

Penulis

PURWAKARTA, KOMPAS.com — Pabrik-pabrik yang berada di kanan-kiri jalur mudik di wilayah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, diimbau libur, setidaknya mulai lima hari menjelang hari raya Idul Fitri. Hal itu untuk menghindari kemacetan yang kerap terjadi saat arus mudik.

Kepala Bagian Operasi Kepolisian Resor Purwakarta Komisaris Ridwan Efendi, saat rapat koordinasi persiapan Operasi Ketupat Lodaya di Markas Polres Purwakarta, Rabu (11/7/2012), mengatakan, aktivitas masuk dan pulang kerja serta keluar-masuk kendaraan menghambat arus lalu lintas.

Sejumlah pabrik dengan jumlah pekerja ribuan orang berada di jalur mudik yang rawan macet. Beberapa di antaranya berada di daerah Sadang, Jalan Raya Bungursari, serta Jalan Raya Purwakarta-Subang di daerah Campaka dan Cibatu.

Beberapa perwakilan perusahaan yang hadir dalam rapat tersebut menyatakan siap menghentikan aktivitas pada H-5. Namun, beberapa minta pemerintah dan aparat sedikit fleksibel, antara lain untuk izin melintas truk-truk pengangkut untuk barang tujuan ekspor karena terkait kontrak dengan pembeli di luar negeri.

Selain kepolisian, rapat antara lain dihadiri wakil pemerintah daerah, TNI, serta kalangan swasta, seperti pengusaha SPBU, rumah makan, dan pengelola pabrik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com