Sabtu, 25 Oktober 2014

News / Gadget

BlackBerry 10 Hadir Tanpa Tombol Fisik?

Kamis, 24 Mei 2012 | 11:46 WIB

Terkait

BANDUNG, KOMPAS.com — Perangkat BlackBerry dengan OS BlackBerry 10 dianggap sebagai senjata untuk mengalahkan dominasi Android dan iOS. Untuk bersaing, Research in Motion (RIM) akan menghilangkan tombol fisik Qwerty yang selama ini jadi ciri khas BlackBerry?

Senior Manager Content Strategy RIM South East Asia Ben Gillenwater menjelaskan, tombol fisik Qwerty pada perangkat BlackBerry hingga saat ini masih diminati oleh pasar. Meski RIM juga terus merilis perangkat BlackBerry dengan layar sentuh (touch screen).

"Kami tidak akan meninggalkan tombol Qwerty fisik," ungkap Ben selepas penandatanganan kerja sama pembangunan RIM Innovation Center di Kampus ITB Bandung, Jawa Barat, Selasa (22/5/2012).

RIM menyebut OS BlackBerry 10 berbasis QNX ini memang akan optimal di perangkat BlackBerry dengan layar sentuh. Bahkan perangkat perdana yang memakai OS BlackBerry tersebut, yaitu BlackBerry London, disebut hanya akan mengandalkan layar sentuh secara penuh, bahkan bodinya juga mirip dengan Apple iPhone.

Namun, Ben menambahkan, perangkat BlackBerry dengan OS BlackBerry 10 ini tidak hanya optimal di perangkat dengan layar sentuh, tapi RIM juga akan menyiapkan perangkat BlackBerry 10 dengan tombol fisik Qwerty, seperti yang menjadi ikon BlackBerry selama ini.

Disinggung tentang kehadiran perangkat BlackBerry 10, Managing Director RIM Asia Selatan Hastings Singh menjelaskan belum ada kejelasan dari RIM pusat tentang waktu peluncuran perangkat tersebut.

"Tunggu saja," tambah Singh.

Bila ingin melihat kecanggihan BlackBerry 10, penggila gadget di Tanah Air bisa menunggu kehadirannya sebentar lagi. RIM menjanjikan bakal menggelar BlackBerry 10 Jam di Jakarta pada Juli 2012.

"Di situ kalian bisa melihat kecanggihan BlackBerry 10. Tunggu sebentar lagi," jelasnya.


Editor : Wicaksono Surya Hidayat