Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perlu-Tidaknya Operasi Lanjutan Diputuskan Jumat

Kompas.com - 17/05/2012, 16:59 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Perlu-tidaknya operasi lanjutan untuk pencarian korban dan puing pesawat Sukhoi Superjet 100 di Gunung Salak akan diputuskan di hari kesepuluh operasi search and resque (SAR), Jumat (18/5/2012).

"Jadi, keputusan tergantung hasil rapat besok siang," kata Kepala Badan SAR Nasional Marsekal Madya TNI Daryatmo di posko Desa Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (17/5/2012) pagi tadi.

Menurut dia, pertimbangan berlanjut atau berakhir ini ada karena barang bukti yang dipindahkan semakin sedikit. Saat ini sebagian besar tim SAR sudah ditarik dari lokasi, termasuk tim SAR dari Rusia.

Sampai hari kesembilan, operasi pencarian korban dan puing kecelakaan tersebut hingga Kamis ini masih terus dilanjutkan. Tim SAR yang masih di lapangan melakukan penyapuan di lokasi jatuhnya pesawat.

Ketua tim SAR dari Badan SAR Nasional (Basarnas), Ketut Parwa, mengatakan bahwa saat ini petugas masih melakukan penyapuan di lokasi jatuhnya pesawat dengan sistem vertikal ke kiri dan ke kanan serta horizontal ke kiri dan ke kanan dengan radius 20 meter hingga 30 meter. Penyapuan dilakukan untuk memastikan lokasi bersih dan tidak ada lagi korban yang tertinggal.

Hari ini, lanjut Ketut, telah dikirim lima kantong jenazah ke Bandara Halim Perdanakusuma dan selanjutnya diantar ke Rumah Sakit Polri di Kramatjati, Jakarta Timur.

Menurut Ketut, awalnya jumlah kantong jenazah yang digunakan tim SAR sebanyak sembilan kantong. Namun, untuk efisiensi dan mengurangi beban heli, maka menjadi lima kantong.

Sejauh ini, tim SAR gabungan telah membawa total 37 kantong jenazah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com