Senin, 22 September 2014

News / e-Business

21 Mei, CEO Apple dan Samsung Akan Bertemu

Sabtu, 5 Mei 2012 | 01:13 WIB

KOMPAS.com - Pertempuran hukum soal hak paten antara Apple dan Samsung nampaknya akan sedikit menemui titik terang. CEO kedua perusahaan dijadwalkan akan bertemu pada 21 Mei mendatang.

Seperti dikutip dari blog Foss Patents milik aktivis hak kekayaan intelektual Florian Mueller, CEO Apple Tim Cook dan CEO Samsung Lee Kun-hee akan membahas soal penyelesaian lebih dari 20 kasus hukum yang berlangsung sejak tahun 2011 di 10 negara, terkait produk komputer tablet dan smartphone keduanya.

Pertemuan ini dilakukan setelah hakim pengadilan California memerintahkan dua perusahaan tersebut untuk berpartisipasi dalam sebuah pertemuan penyelesaian yang bakal dipimpin seorang hakim.

Kendati petinggi kedua perusahaan akan bertemu, namun Samsung masih cukup agresif menyerang Apple di ranah hukum. Seperti diketahui, Samsung kembali menggugat Apple atas 8 paten tambahan pekan lalu.

Sementara Tim Cook, memang tidak terlalu menyukai jalur hukum, berbeda dengan mendiang Steve Jobs yang rela mengeluarkan banyak uang demi hak paten. "Saya sangat memilih penyelesaian daripada pertempuran," ujar Tim Cook kepada seorang analis beberapa waktu lalu.

"Saya selalu membenci litigasi dan akan terus membencinya. Kami hanya ingin agar orang di luar sana menemukan barang mereka sendiri," tambah Cook.

Jika pertemuan 21 Mei mendatang tak kunjung mencapai kesepakatan, maka sidang antara Apple dan Samsung akan dilanjutkan pada bulan Juni di Amerika Serikat.


Editor : Reza Wahyudi
Sumber: