Sabtu, 20 Desember 2014

News / Software

Tiga Fitur Andalan OS BlackBerry 10

Kamis, 3 Mei 2012 | 07:20 WIB

Terkait

KOMPAS.com - Research In Motion (RIM) dengan bangga memamerkan sistem operasi mobile terbaru mereka, BlackBerry 10 (BB10), dalam perhelatan BlackBerry World di Orlando, Amerika Serikat, Selasa (1/5/2012).

Di acara tersebut, RIM mendemonstrasikan beberapa fitur baru di BB10. CEO RIM Thorsten Heins lebih menekankan penggunaan sistem operasi itu dalam hal aplikasi dan multitasking.

Setidaknya, ada 3 hal yang menarik dari BB10, yang berbeda dengan sistem operasi sebelumnya.

1. Berpindah aplikasi dengan mulus bagai "arus"

BB10 - Berpindah aplikasi dengan cepat

Salah satu hal yang paling membedakan BB10 dengan sistem operasi BlackBerry sebelumnya, yaitu pengguna yang ingin beralih aplikasi tidak harus kembali terlebih dahulu ke tampilan layar utama.

Pengguna dapat melihat dan memilih aplikasi yang berjalan di background dengan cara menarik menu dan window dari samping layar. Perpindahan antar aplikasi dengan "smooth", tanpa jeda.

Seperti terlihat pada gambar di atas, Anda bisa membuka inbox, isi pesan, dan lampirannya (file PDF) dalam satu tumpukan yang tertata rapih. Semuanya dapat ditarik sesuai keinginan Anda.

"Tidak ada yang memiliki waktu untuk keluar dari aplikasi setiap kali mereka ingin berganti aplikasi. Kami ingin menggunakan paradigma yang mudah dan cepat," kata Heins.

2. Software kamera "mesin waktu"

BB10 - Software kamera mesin waktu

Jika Anda memotret seorang teman dengan senyum yang indah dan pencahayaan yang baik, namun kelopak matanya tertutup sehingga merusak estetika foto, apakah Anda akan menghapus foto tersebut?

Dengan software kamera di BB10, Anda tak perlu menghapus foto tersebut karena Anda bisa mengembalikan waktu untuk memilih gambar terbaik ketika kelopak mata teman belum tertutup, bahkan ketika Anda belum menekan tombol rana. Ya, software kamera ini memang seperti mesin waktu di mana Anda dapat mengembalikan momen.

Besar kemungkinan, software kamera BB10 sudah merekam gambar beberapa saat sebelum tombol rana ditekan.

3. Keyboard virtual "pintar"

BB10 - Keyboard virtual pintar

Saat keyboard virtual BB10 digunakan untuk mengetik, keyboard akan memprediksi kata berikutnya yang akan Anda ketik. Kata-kata prediksi yang disebut RIM sebagai word suggestions ini, akan muncul di atas tombol huruf awal kata tersebut.

Jika Anda ingin menggunakan kata prediksi itu, maka tinggal menyentuh sambil menariknya ke atas. Jumlah kata prediksi yang muncul akan berbeda setiap waktunya, bisa 3 kata, 5 kata, atau bahkan lebih.

Nampaknya, BB10 memang didesain untuk menandingi iPhone, Android dan Windows Phone yang didominasi oleh perangkat berlayar sentuh.

Pihak RIM mengatakan, BB10 akan tersedia pada akhir tahun 2012. RIM telah memastikan bahwa tablet BlackBerry PlayBook akan mendapat BB10.

Namun, RIM belum mengumumkan smartphone BlackBerry tipe apa saja yang mendukung dan bisa di-upgrade ke BlackBerry 10.

Berikut ini video demonstrasi 3 fitur menarik dari BlackBerry 10. 


Editor : Reza Wahyudi
Sumber: