Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Buruh Sosialisasi May Day ke Pabrik

Kompas.com - 26/04/2012, 20:22 WIB
Pingkan E Dundu

Penulis

TANGERANG, KOMPAS.com - Ratusan buruh di Kota Tangerang melakukan aksi solidaritas sebagai sosialisasi menjelang peringatan Hari Buruh Internasional, tanggal 1 Mei (may day) mendatang. Mereka mendatangi dari satu pabrik ke pabrik lain mengajak para rekan sesama buruh untuk ikut serta dalam aksi demo besar-besaran mendatang.

Aksi pra May Day itu diikuti ratusan buruh dari berbagai organisasi. Mereka berkumpul sejak pukul 08.00 di Jalan Daan Mogot KM 19. Setelah terkumpul, massa konvoi dari satu pabrik ke pabrik lain sembari berorasi dan menyebarkan selebaran terkait rencana aksi unjuk rasa mendatang.

"Kawan-kawan ayo ikut bergabung dengan kami pada aksi di hari buruh mendatang. Jika ada pihak perusahaan yang melarang dan mengancam PHK bagi buruh yang ikut demo, jangan takut kami akan lalukan sweeping dan mengajak dengan paksa," kata Maman, salah seorang buruh dalam orasinya saat mendatangi pabrik-pabrik.

Maman mengatakan, tidak ada alasan bagi pihak perusahaan melarang para buruh ikut aksi demo mendatang. "Ini aksi damai untuk menyuarakan hak-hak buruh yang tertindas. Jika dibiarkan buruh bisa makin ditindas pengusaha," kata Maman. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com