Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerugian LP Kerobokan Membengkak, Kini Capai Rp 5 Miliar

Kompas.com - 28/02/2012, 19:47 WIB
Muhammad Hasanudin

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com — Penghitungan kerugian yang ditimbulkan pascakerusuhan di Lapas Kerobokan yang terjadi pekan lalu terus berjalan. Jika pada akhir pekan lalu perhitungan sementara kerugian materi akibat bangunan kantor yang luluh lantah dilalap si jago merah mencapai Rp 1,2 miliar, kini kerugian ditaksir sudah mencapai Rp 5 miliar.

"Perkiraan kerugian sementara Rp 4 sampai Rp 5 miliar, itu mencakup kerusakan bangunan kantor dan peralatan-peralatan," ujar Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil KumHAM Bali, Priyadi, kepada wartawan, Selasa (28/02/2012). "Tapi itu belum final, tim yang dibentuk masih melakukan penghitungan," katanya.

Besarnya nilai kerugian akibat kerusuhan memang sudah diprediksi sebelumnya. Seluruh bangunan kantor beserta isinya hangus terbakar dan nyaris tak tersisa. Selain fasilitas kantor seperti komputer, pendingin ruangan, dan benda-benda elektronik lainnya, kebakaran juga menghanguskan brangkas-brangkas berisi uang tunai yang jumlahnya diperkirakan ratusan juta rupiah.

Untuk merenovasi seluruh bangunan yang rusak rencananya Kanwil KumHAM Bali akan mengajukan anggaran ke pusat setelah tim yang bertugas menghitung kerugian menyelesaikan tugasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com