Kamis, 24 April 2014

News / Nasional

PKS Bentuk Tim Pengkaji Capres 2014

Rabu, 4 Januari 2012 | 15:37 WIB

Baca juga

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Anis Matta mengatakan, PKS telah membentuk tim internal untuk mengkaji segala hal mengenai pencalonan Presiden dalam Pemilu tahun 2014.

"(Anggota tim) ada sekitar 20 orang. Mereka unsur pimpinan. Mereka baru membuat kajian," kata Anis di Kompleks DPR, Jakarta, Rabu (4/1/2012), ketika ditanya dinamika di PKS menghadapi Pilpres 2014.

Meski sudah dibentuk tim, Anis mengaku belum ada tokoh yang dikaji. Nantinya, kata dia, tim akan melihat tokoh di internal maupun eksternal.

Dikatakan Anis, pihaknya akan mendorong agar banyak calon bisa maju sebagai Capres di 2014. PKS, kata dia, berpandangan bahwa syarat dukungan minimal 20 persen bagi parpol untuk mengajukan Capres harus dihapuskan.

"Lebih bagus kita turunkan syaratnya. Misalnya sebatas lolos parliamentary threshold. Jadi partai yang sudah lolos parliamentary threshold dengan sendirinya punya calon Presiden. Kalau calon lebih banyak, masyarakat juga punya pilihan lebih banyak," kata Wakil Ketua DPR itu.

Seperti diberitakan, saat ini baru Partai Amanat Nasional (PAN) yang terbuka mendukung Ketua Umumnya Hatta Rajasa sebagai bakal calon Presiden 2014 . Hatta belum mau menjawab dukungan itu.

Adapun pimpinan partai lain seperti Megawati Soekarno Putri (PDI-P), Aburizal Bakrie (Golkar), Prabowo Subianto (Gerindra), dan lainnya belum ada suara resmi dukungan partai.


Penulis: Sandro Gatra
Editor : Heru Margianto