Rabu, 23 Juli 2014

News / Regional

Tim SAR TNI AL Mencari Korban di Lokasi Banjir Sumbar

Senin, 7 November 2011 | 14:02 WIB

PADANG, KOMPAS.com - Tim Search and Rescue (SAR) Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Padang berada di lokasi banjir Sumatera Barat untuk mencari korban yang masih hilang, Senin (7/11/2011).

Kepala Dinas Penerangan Armada Barat Letkol (Laut) Agus Cahyono menjelaskan, Tim SAR dan kesehatan dikerahkan ke lokasi bencana di Kabupaten Pesisir Selatan.

"Tim bergerak ke lokasi bencana dengan membawa peratan SAR (perahu karet, motor tempel, tanki untuk motor tempel, dayung, veldbed, pelampung, kendaraan angkut (truk) serta obat-obatan," kata Agus.

Tim tersebut melibatkan Marinir dari Lanal Padang dan anggota Pos AL Painan. Menurut Agus, setelah koordinasi dengan Pemkab Pesisir Selatan, Tim SAR Lantamal II segera mengevakuasi masyarakat yang terjebak banjir akibat terputusnya jembatan di Desa Pasir Putih Kambang ke lokasi yang lebih aman dengan perahu karet dan membantu pencarian korban yang belum ditemukan. 

Akibat guyuran hujan yang terus menerus selama beberapa hari belakangan ini ditambah lokasi daerah bencana yang berada di pinggir laut dan saat ini sedang mengalami pasang, menyebabkan banyak puing-puing bawaan banjir sehingga sangat mengganggu proses evakuasi dengan menggunakan perahu karet.

Sampai saat ini Tim SAR Lantamal II masih terus melaksanakan pencarian terhadap korban-korban yang belum diketemukan.


Penulis: Iwan Santosa
Editor : Robert Adhi Ksp