Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PMI Bengkulu Bangun Sistem Informasi

Kompas.com - 11/08/2011, 15:04 WIB

BENGKULU, KOMPAS.com - Palang Merah Indonesia Bengkulu membangun sistem informasi dan komunikasi kebencanaan, melalui jaringan radio komunikasi handy talkie (HT). Para pemangku kepentingan dalam kebencanaan pun dapat ikut dalam jaringan komunikasi ini.

Sekretaris PMI Bengkulu, Joni Saputra, Kamis (11/8/2011), mengatakan, setelah Hari Raya Idul Fitri sebuah antena repeater akan dipasang di Kabupaten Kepahiang. Setelah itu selesai barulah antena di setiap posko PMI kabupaten dipasang.

"Ada tujuh posko yang nanti terhubung dalam jaringan ini, yakni posko di markas PMI Provinsi, Kota Bengkulu, Kabupaten Rejang Lebong, Kabupaten Bengkulu Utara, Kabupaten Mukomuko, Kabupaten Lebong, dan Kabupaten Kaur," tuturnya.

Setelah semua posko PMI di Bengkulu terhubung, para pemangku kepentingan dalam kebencanaan juga akan dihubungkan ke dalam sistem ini. Di antaranya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD),Organisasi Radio Amatir Indonesia (Orari), dan Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI).

Informasi kebencanaan dari jaringan komunikasi ini, nantinya dapat menjadi bahan untuk disebarluaskan oleh BPBD baik melalui radio komunitas maupun kelembagaan pemerintah daerah.

Joni mengatakan, selama ini informasi kebencanaan disampaikan melalui telepon seluler. Padahal, terkadang ketika terjadi bencana kualitas sinyal seluler tidak bagus sehingga berakibat pada penanganan bencana yang lambat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com