Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IPB Selesaikan Penelitian "Enterobacter sakazakii"

Kompas.com - 18/06/2011, 03:49 WIB

Jakarta, Kompas - Institut Pertanian Bogor bekerja sama dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan sudah menyelesaikan penelitian dan Enterobacter sakazakii pada susu formula. Hasil penelitian tersebut selanjutnya akan diserahkan IPB kepada Badan POM.

”Kami tidak berwenang mengumumkan. Badan POM yang nanti akan mengumumkan hasil penelitian tersebut,” kata Rektor IPB Herry Suhardiyanto dalam jumpa pers di Kementerian Pendidikan Nasional, Jumat (17/6).

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdiknas Djoko Santoso mengatakan, IPB melakukan penelitian tersebut berdasarkan kaidah-kaidah akademik dan tidak memiliki kepentingan apa pun.

Wakil Rektor Bidang Riset dan Kerja Sama IPB Anas Miftah Fauzi mengatakan, IPB melakukan penelitian ini bersama Badan POM dan Balitbang Kementerian Kesehatan terhadap semua atau 47 produk susu formula yang beredar di pasaran Indonesia, termasuk susu impor.

Sampling untuk pelaksanaan survei Enterobacter sakazakii pada susu formula mengacu pada microorganisms in food,” katanya menjelaskan.

Miftah Fauzi menjelaskan, pengambilan sampel untuk penelitian dilakukan Badan POM. Sesuai dengan standar Codex dan metode standar penelitian ISO TS 22964:2006, untuk setiap produk susu formula dengan nomor pendaftaran tertentu, diambil enam sampel dengan perincian antara lain, sampel diambil dari dua batch yang berbeda dan setiap batch diambil tiga sampel.

”Kami melakukan penelitian terhadap kode susu sehingga obyektif,” kata Miftah Fauzi. (THY)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com