Rabu, 3 September 2014

News /

Menkes: Masih "Uber-uberan" dengan Kanker Paru

Kamis, 9 Juni 2011 | 07:50 WIB

Terkait

JAKARTA, KOMPAS.com — Siapa pun bisa terkena kanker. Penyakit yang satu ini memang tidak pernah membedakan status ataupun golongan. Pasiennya bisa siapa saja, baik kaya maupun miskin, kalangan biasa ataupun pejabat. 

Salah satu figur yang sempat menjadi sorotan terkait penyakit kanker ini adalah Menteri Kesehatan dr Endang Rahayu Sedyaningsih. Kabar sakitnya Menkes pernah mencuat beberapa waktu lalu, tetapi  ternyata hingga saat ini Endang masih mampu menjalankan tugasnya seperti biasa.

Sebagai surviver kanker paru, Menkes masih tampak bugar dan fit. Walau begitu, ia mengatakan bahwa dirinya belum sepenuhnya sehat, lantaran masih "uber-uberan" dengan penyakit yang diidapnya.

"Artinya, setiap kali diperiksa masih ada di sana. Karena kanker itu pintar juga, ditembak di sini keluar di sana," katanya saat diskusi buku Berdamai dengan Kanker di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Rabu, (8/6/2011).

Walau sudah didiagnosis menderita kanker paru, Endang mengaku tidak pernah sama sekali menganggap bahwa penyakit yang diidapnya sebagai suatu masalah besar.

"Dan kalau kita lihat, biasanya di balik cobaan itu pasti ada hikmahnya. Sekarang, misalnya, saya bisa merasa sebagai salah satu dari antara bapak-bapak dan ibu-ibu karena saya juga seorang surviver," ujarnya.

Menkes mengungkapkan, siapa saja bisa terkena kanker, termasuk dirinya sendiri. Jadi, menurutnya, jangan pernah kita kemudian kaget, tidak terima, atau merasa kesal apabila penyakit tersebut sewaktu-waktu menimpa diri kita.

"Tuhan memberikan saya bermacam-macam kebaikan, kegembiraan, tetapi Tuhan juga memberikan saya berbagai cobaan di antaranya adalah kanker ini," ungkapnya.

Menkes mengaku, berupaya untuk bisa menerapkan hidup sehat bukan perkara mudah. Hal tersebut dialaminya sendiri, terutama dalam menjaga pola makan.

"Karena kalau makin diet, makin kepengin," candanya.

Meski sedikit susah dalam menjaga makanan, Endang mengaku tidak pernah lupa dalam berolahraga. "Saya tidak berhenti berenang dan yoga," serunya.

Endang menambahkan, satu hal yang membuatnya tetap kuat dan sehat seperti sekarang ini adalah karena tidak pernah lepasnya dukungan anggota keluarga, baik itu dari suami maupun anak-anaknya.


Editor : Asep Candra