Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bom Kota Wisata Dibungkus Plastik Kresek

Kompas.com - 18/03/2011, 15:06 WIB

BOGOR, KOMPAS.com — Kepala Polres Bogor Ajun Komisaris Besar Polisi Dadang Raharja menyebut, paket bom di Kota Wisata, Bogor, ditemukan petugas kebersihan di dekat gardu PLN di perumahan Kota Wisata, Bogor, Jumat (18/3/2011). Berbungkus plastik kresek warna hitam, bom ini berada di Kluster Monaco, perumahan Kota Wisata.

"Bom ditemukan sekitar pukul 09.00 WIB dengan bingkisan seperti mi instan. Ada tulisan arab dan tulisan latin bertuliskan 'kantong plastik ini berisi bom'," ujar Kapolres Dadang.

Mendapat temuan tersebut, petugas kebersihan langsung melaporkan ke pihak pengamanan kompleks Kota Wisata. Laporan ini kemudian diteruskan ke Polsek Gunung Putri.

Sejurus kemudian, polisi pun menghampiri lokasi penemuan bom. Garis polisi lalu dipasang seraya menanti kehadiran tim penjinak bahan peledak Polres Bogor.

Tak menanti lama, tim Jihandak menggunakan alat pendeteksi MD 2000 dan pendeteksi logam lalu menyisir lokasi temuan benda yang mencurigakan tersebut. Hasilnya, alat pendeteksi menemukan unsur logam di bingkisan mirip mi instan ini. Benda itu kemudian dibungkus dengan blanket boom atau sejenis selimut bom untuk dibawa ke lokasi yang lebih aman.

Tim Jihandak memilih lokasi di belakang Kampung Cina, Kota Wisata, untuk mengurai bingkisan.

"Namun, sepuluh menit kemudian, sekitar pukul 11.30 WIB, kotak itu meledak sendiri," ujar Dadang Raharja.

Beruntung, ledakan yang tergolong low explosive ini tidak mencederai atau membuat jatuhnya korban.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com