Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foke Paksa Pelebaran Dekat Plaza Semanggi

Kompas.com - 09/12/2010, 17:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo akan memaksakan upaya pelebaran Jalan Gatot Subroto di dekat Plaza Semanggi, Jakarta Selatan. Hal ini dilakukan untuk menghindari bertambahnya kemacetan ketika jalur busway di lokasi tersebut sudah dioperasikan.

Fauzi Bowo menegaskan hal tersebut, Kamis (9/12/2010) siang, saat meninjau kesiapan busway di halte Polda Metro Jaya yang dilewati Koridor IX jurusan Pinang Ranti-Pluit. Lokasi pelebaran jalan terletak di sisi timur Jalan Gatot Subroto (Gatsu), tepat di bawah jembatan penyeberangan busway hingga sebelum Hotel Crowne Plaza.

"Saya akan paksakan pelebaran jalan karena kalau tidak dipaksakan, tidak akan kejadian. Saya sudah bilang, ini paling sedikit bisa dipindahkan 2-3 meter ke sana (arah timur)," tegas pria yang kerap disapa Foke tersebut.

Foke mengatakan, saat ini pihaknya sedang mengkaji rencana itu karena terdapat jaringan kabel listrik tegangan tinggi di atas lokasi tersebut. Pemindahan tiang listrik di tempat tersebut akan sulit dilakukan sehingga perlu desain khusus untuk mengakomodasi kebutuhan lalu lintas kendaraan di jalan dan penyeberang jalan di jalan penyeberangan.

Pelebaran jalan itu, kata Foke, diharapkan dapat mengurangi kemacetan kendaraan dekat pintu masuk barat Plaza Semanggi. Sekitar 50 meter dari tempat tersebut juga terdapat jalur masuk tol (pintu Tol Semanggi) yang berpotongan dengan jalur busway yang akan dioperasikan menjelang tahun baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com