Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pitoyo S, Direktur Sungai dan Pantai

Kompas.com - 28/07/2010, 17:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah sukses memimpin proyek Banjir Kanal Timur, Pitoyo Subandrio yang sebelumnya Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane, kini menjabat Direktur Sungai dan Pantai, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Departemen Pekerjaan Umum.

Pitoyo Subandrio yang juga pimpinan proyek Banjir Kanal Timur (BKT) itu menduduki jabatan baru sejak hari Jumat pekan lalu.

“Saya akan berusaha menyelesaikan pekerjaan rumah yang belum selesai, antara lain Bendungan Jatigede di Sumedang, Jawa Barat, dan Bendungan Jatibarang, Semarang, Jawa Tengah,” kata Pitoyo dalam percakapan dengan Kompas.com, Rabu (28/7/10).

Bendungan Jatigede di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, direncanakan selesai tahun 2013. Saat ini pembangunan fisik Bendungan Jatigede sudah memasuki tahapan pembangunan saluran pelimpah (diversion tunnel). Pekerjaan pembangunan fisik mencapai 18,6 persen dari rencana 19,3 persen tahun ini.

Sedangkan Bendungan Jatibarang di Semarang, Jawa Tengah, akan dibangun di Sungai Kreo. Sungai ini merupakan anak Sungai Garang di Semarang Barat, dengan daerah tangkapan seluas 54 km², luas genangan 110 Ha, dan volume tampungan total sebesar 20 juta m³. Bila sudah terbangun bendungan ini mempunyai fungsi pokok sebagai pengendali banjir, penyedia air baku dengan kapasitas 2,4 liter/detik, dan penyedia tenaga listrik sebesar 1,5 megawatt.

Tugas pokok

Tugas Direktorat Sungai dan Pantai adalah melaksanakan pengkajian kebijakan dan penyiapan penyusunan rencana pembangunan nasional di bidang sungai, pantai, waduk, dan danau, serta melaksanakan pemantauan, evaluasi, penilaian, dan pelaporan atas pelaksanaannya.

Dalam melaksanakan tugas tersebut, Direktorat Sungai, Pantai, Waduk, dan Danau menyelenggarakan fungsi pengkajian dan penyiapan perumusan kebijakan di bidang sungai, pantai, waduk, dan danau; dan pelaksanaan koordinasi dan sinkronisasi perencanaan pembangunan nasional di bidang sungai, pantai, waduk, dan danau.

Selain itu, direktorat ini juga melakukan penyusunan rencana pembangunan nasional di bidang sungai, pantai, waduk, dan danau; pelaksanaan inventarisasi dan analisis berbagai kebijakan dan informasi yang berkaitan dengan penyiapan rencana pendanaan pembangunan di bidang sungai, pantai, waduk, dan danau; serta pemantauan, evaluasi, penilaian, dan pelaporan atas pelaksanaan rencana, kebijakan, dan program-program pembangunan di bidang sungai, pantai, waduk, dan danau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com