Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecelakaan Lalu Lintas Didominasi Remaja

Kompas.com - 12/07/2010, 18:27 WIB

BANTUL, KOMPAS.com — Sekitar 75 persen kecelakaan lalu lintas menimpa anak-anak usia remaja. Minimnya etika berlalu lintas menjadi penyebab utama. Oleh karena itu, perlu upaya penyadaran secara terus-menerus, khususnya di kalangan pelajar yang selama ini banyak menggunakan sepeda motor sebagai alat transportasi ke sekolah.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul Mardi Ahmad saat memberikan pengarahan keselamatan transportasi di SMA Negeri 3 Bantul, Senin (12/7/2010). "Anak-anak SMA tergolong anak usia remaja, yang selama ini etika berlalu lintasnya masih sangat minim. Mereka suka ugal-ugalan di jalan, meski membahayakan keselamatan diri sendiri dan orang lain," katanya.

Menurutnya, selama masa orientasi siswa atau MOS, pihaknya akan berkeliling ke SMA dan SMK untuk memberikan materi keselamatan transportasi. Sasarannya tidak hanya siswa baru, tetapi semua warga sekolah.

Berdasarkan data Kepolisian Resor Kabupaten Bantul, jumlah kecelakaan lalu lintas tahun 2009 tercatat 1.583 kasus atau melonjak tajam dibandingkan tahun 2008 sebanyak 410 kasus. Jumlah korban selama tahun 2009 sebanyak 2.736 orang terdiri dari 57 korban meninggal dunia, 229 korban luka berat, dan 2.450 korban luka ringan. Kecelakaan tidak hanya menimbulkan korban jiwa, tetapi juga material. Sepanjang tahun 2009, kerugian materiil akibat kecelakaan tercatat Rp 899,2 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com