Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasyim Muzadi Sesalkan Gugatan Polri

Kompas.com - 02/07/2010, 22:57 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Ketua Umum PB NU KH Hasyim Muzadi menyesalkan gugatan Polri terhadap Majalah Tempo terkait pemberitaan bertajuk Rekening Gendut Perwira Polri, di majalah itu.

"Pertikaian Polri dengan Majalah Tempo sebaiknya tidak dilanjutkan," kata Hasyim di Jakarta, Jumat (2/7/2010).

Menurut dia, jauh lebih baik Polri menjadikan berita itu sebagai masukan untuk menyelidiki benar atau tidak informasi tersebut.

"Bukankah Polri tempat ahli dan otoritas penyelidikan? Baru setelah ternyata tidak benar, diadakan diskusi dengan Tempo, termasuk masalah hukum," katanya.

Dikatakannya, masyarakat sudah sangat jenuh dengan aroma korupsi, makelar kasus, penjaga hukum yang melawan hukum di berbagai eselon kekuasaan dan masyarakat yang ketika di pengadilan selalu berakhir dengan kemenangan yang kuat, bukan yang benar.

"Hukum tekstual tampak membenarkan yang kuat, bukan memperkuat yang benar," kata pengasuh Pesantren Mahasiswa Al Hikam di Depok dan Malang itu.

Oleh karena itu, Polri akan sangat terhormat apabila menerima informasi media sebagai masukan, ketimbang reaktif dengan angkat kekuasaan.

"Toh yang diinformasikan Tempo masalah perorangan bukan institusi. Reaksi kekuasaan, saya kira kurang elegan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com