Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPU DIY Minta Tambahan Anggaran Rp 600 juta

Kompas.com - 23/02/2009, 23:47 WIB

YOGYAKARTA, SENIN - Komisi Pemilihan Umum DI Yogyakarta mengajukan tambahan anggaran sosialisasi pemilu legislatif 2009 kepada KPU Pusat sebesar Rp 600 juta. Revisi angga ran itu diajukan karena minimnya anggaran sosialisasi pemilu legislatif 2009 dari APBN yang hanya sebesar Rp 130 juta.

Ketua Komisi Pemilihan Umum DIY Any Rohyati Senin (23/2) di Yogyakarta menyatakan akibat minimnya dana sosialisasi pemilu ilegislatif 2009, kegiatan sosialisasi menjadi kurang maksimal. "Dana sosialisasi pemilu legislatif tahun 2009 ini hanya Rp 130 juta. Jumlah itu jauh dari kebutuhan," ucapnya.

Padahal, untuk kegiatan sosialisasi perlu pengadaan alat peraga pemilu, seperti contoh surat suara yang membutuhkan dana besar. Any mengungkapkan, untuk mengatasi kendala itu, KPUD DIY telah mengajukan revi si anggaran sosialisasi pemilu kepada KPU Pusat.

"Beberapa pos anggaran yang belum terpakai, misalnya anggaran pengadaan gembok kotak suara, dialihkan untuk anggaran sosialisasi. Kami sudah mengajukan revisi anggaran kepada KPU Pusat sebesar Rp 600 juta. Itu semuanya untuk sosialisasi pemilu," ucapnya.

Menurut Any, dalam sosialisasi pemilu, KPUD DIY sudah menjangkau para pemilih pemula dan membagikan alat-alat peraga pemilu secara terbatas. Selain itu, juga menggandeng lembaga kemasyarakatan untuk memperluas sosialisasi.

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com