Rabu, 22 Oktober 2014

News / Travel

Tips ke Muara Karang

Sabtu, 15 November 2008 | 06:23 WIB

Berwisata kuliner makanan hasil laut tak harus ke restoran. Ada banyak tempat makan hasil laut kelas warung bertebaran di Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Bekasi dan Tangerang yang memiliki cita rasa masakan tak kalah lezat dibanding makanan kelas restoran.

Pusat Jajanan Muara Karang, Jakarta Utara merupakan salah satu contoh penyedia warung tempat memasak hasil laut. Di sana terdapat lebih dari 20 warung siap melayani permintaan memasakkan aneka makanan, tetapi tamu harus membeli sendiri bahan berupa ikan dan lainnya ke pasar ikan yang berjarak sekitar 200 meter dari pusat jajanan itu. Pemilik warung hanya menyediakan tenaga membersihkan dan memasak ikan, serta bumbu masakan, nasi, tempat dan peralatan makan dengan ongkos cukup murah.

Agar sukses menikmati wisata makanan hasil laut di Muara Karang, ada baiknya ikutilah tips berikut ini.

- Siapkan sepatu karet atau sandal jepit untuk berbelanja ikan, cumi, kerang dan lainnya di pasar ikan, sebab kondisi pasar biasanya becek.

- Jika berniat membeli hasil laut segar untuk dibawa pulang, lebih baik siapkan baskom, ember, atau cool box. Tas plastik dari penjual ikan sering bocor sehingga air merembes ke alas mobil dan bisa memunculkan bau amis. Siapkan pula koran bekas untuk alas baskom dan kotak es agar titik air dari es tak membasahi mobil.

- Jangan tergesa-gesa memilih ikan, lebih baik melihat-lihat dulu untuk memastikan hasil laut mana yang akan dibeli.

- Periksa kesegaran ikan dan hasil laut lain agar mendapat ikan yang benar-benar segar sehingga lebih nikmat disantap.

- Keluarkan jurus menawar, karena pedagang biasanya memasang harga tinggi. Jika pandai menawar, kita akan mendapat harga terbaik dan pantas.

- Sebaiknya, bawalah teman untuk lebih dulu memilih warung mana yang akan dipilih. Ini untuk menghindarkan diri dari 'serbuan' karyawan warung yang beramai-ramai menawarkan tempatnya kepada tamu.


Editor :
Sumber: