Jumat, 1 Agustus 2014

News / Regional

PT LMI Bisa Produksi 30 Unit Kapal Pertahun

Jumat, 31 Oktober 2008 | 18:16 WIB

LAMONGAN, JUMAT - Pembangunan Graving Dock PT Lamongan Marine Industry di Desa Sidokelar Kecamtan Paciran, direncanakan sanggup melaksanakan perbaikan perawatan dengan kapasitas produksi 30 unit kapal per tahun. Asisten Ekonomi Pembangunan Setda Lamongan Djonot Subagijo dalam pembahasan kerangka acuan analisis dampak lingkungan (Andal) PT LMI Jumat (31/10) mengatakan pembangunan graving dock merupakan kegiatan servis untuk memperbaiki kapal agar memenuhi standar kelayakan kapal, laik laut dan keselamatan pelayaran.

"Selain mampu melakukan perbaikan perawatan hingga 30 unit kapal pertahun, graving dock PT LMI juga sangup melakukan pemeliharaan kapal laut di atas air (floating repair) dengan kapasitas produksi mencapai 20 unit kapal pertahun," kata Djonot.

Masyarakat diharapkan bisa tahu kewajiban pemrakasa pembangunan PT LMI yang harus dipenuhi. Sedapatnya, kerangka acuan Amdal harus menampung aspirasi dan masukan masyarakat terutama saat sosialisai. "Pemrakarsa juga harus memberikan informasi yang jelas baik itu dampak positif maupun negatif dari pelaksanaan pembangunan agar bila terjadi sesuatu, tidak saling menyalahkan," katanya.

Tim leader Consultant pembahasan Amdal, Teguh Sudarto mengatakan, banyak hasil masukan-masukan untuk menetapkan beberapa isu penting , diiantaranya memerhatikan fasilitas pokok serta fasilitas penunjang seperti pengelolaan sampah, jaringan air limbah, drainase dan memberikan manfaat pada masyarakat sekitar. Selain itu harus diperhatikan aspek budaya masyarakat setempat dan memberikan bantuan kepada masyarakat yang terkena dampak berupa bantuan sosial, kesehatan serta mengutamakan tenaga kerja lokal.

Dalam dokumen kerangka acuan Amdal juga dicantumkan, graving dock PT LMI akan dibangun hingga mampu menampung kapal dengan bobot mati 50.000 DWT (Dead Weigth Tonage) pada kolam penampungan seluas 200 meter . Ini memudahkan kapal bermanuver saat akan masuk graving dock dan sandar di dermaga untuk persiapan berlayar maupun floating repair. Graving Dock PT LMI akan dilengkapi fasilitas bengkel konstruksi lambung, bengkel outfitting kapal, bengkel blasting dan painting (pengecatan) serta area assembly (area perakitan), grand assembly dan block outfitting.

 


Editor :