Rabu, 23 April 2014

News / Musik

Aris Menang, Indonesia Senang

Minggu, 3 Agustus 2008 | 00:14 WIB

Baca juga

JAKARTA, MINGGU--Aris akhirnya keluar sebagai pemenang dan menyisihkan Gisel pada grand final Indonesian Idol 2008 yang diselenggarakan di PRJ Hall D, Kemayoran, Jakarta pada Sabtu malam (2/8).

Kemenangan Aris yang bernama lengkap Januarisman Runtuwene ini pun langsung disambut gegap gempita para penonton yang memadati ruangan Hall D PRJ. Kelahiran Jakarta, 25 Januari 1986 ini pun langsung bersujud syukur, sementara Gisel, pesiangnya dalam final, mengelus kepala ayah satu anak ini.

Tak lama kemudian, Aris pun didaulat untuk menyanyikan Winning Song yang berjudul Harap Kan Sempurna sambil memeluk seikat bunga simbol kemenangannya. Sambil terus menyanyi, Aris mendekati para juri yang terdiri Titi DJ, Indra Lesmana dan Anang, serta para kerabatnya yang memberinya selamat.

Aris adalah pemenang Indonesian Idol kelima. Sebelumnya Joy Tobing memenangi Indonesian Idol sesi I (2004), Mike Mohede (2005), Ihsan Tarore (2006), Rini Wulandari (2007).

Sejak awal pemunculannya di ajang pencarian bakat yang diadopsi dari Pop Idol (Inggris) dengan sponsor dari FremantleMedia yang bekerjasama dengan RCTI, figur Aris memang langsung menyihir penikmat acara pencari bakat menyanyi ini. Penampilannya yang sederhana dan ekspresif terutama saat menyanyi dengan gitarnya, adalah nilai lebih Aris dibanding peserta lain. Ditambah latar belakang Aris yang seorang pengamen di kereta listrik Jabotabek dan Terminal Kampung Melayu, membuat simpati penonton tertumpah kepadanya.

Bahkan menurut Menurut Titi DJ yang sempat menangis di Audition Room ketika Aris menyanyikan lagu ST12, sejak awal ia sudah bisa membayangkan Aris ada di babak Grand Final, maka ia tidak heran dengan hadirnya Aris di panggung malam ini. Indra menilai Aris tidak terlalu bereksplorasi dalam bernyanyi, tapi ia cukup memberikan nyawa pada lagu.

Tumbuh dari Jalanan

Sebelum dikenal sebagai salah satu peserta Indonesian Idol, Aris berprofesi sebagai seorang pengamen di kereta listrik Jabotabek dan Terminal Kampung Melayu. Sehari-hari Aris berangkat menuju tempatnya mulai mengamen sekitar pukul 1 siang dan baru pulang pukul 9 malam.

Diam-diam keberangkatan Aris ke ajang Indonesian Idol tak direstui sang istri yang merasa takut jika nantinya terkenal, Aris akan selingkuh dan meninggalkan dirinya. Sebenarnya Aris hanya ingin memberikan yang terbaik bagi ketiga juri. Karena menurut Aris, mereka lah yang memberikan kesempatan seutuhnya bagi dirinya untuk bisa sampai ke tahap ini. Ia ingin menang agar bisa membuktikan dan membahagiakan anak-istrinya.

Pengalaman paling tak terlupa dalam hidupnya, selain tercebur ke kali, adalah ketika ayahnya berhenti bekerja dan kehidupan ekonomi keluarganya morat-marit. Terpaksa Aris berhenti sekolah dan terlempar ke jalanan. Untuk sekarang, idolanya adalah seorang Hady Mirza yang diaku memiliki penampilan yang luar biasa dan sangat tampan.

Uniknya, Aris yang memiliki penyakit asma ini malah merasa sehat karena merokok. Kalau sedang sibuk ngamen, ia jarang makan dan istirahat maka satu-satunya hal yang dilakukan adalah merokok terus.

Biodata Aris

Nama lengkap  : Januarisman Runtuwene
Nama panggilan  : Aris
Umur   : 22 tahun
Warna rambut  : cokelat
Warna mata  : cokelat
Tinggi badan  : 168 cm
Ukuran sepatu  : 41 - 42
Tanggal lahir  : 1987
Zodiac   : Aquarius
Saudara kandung : Firmansyah Alpino Amta

Favorit Aris
Warna  : hitam, putih, ungu
Binatang : anjing
Acara TV : Indonesian Idol
Band  : Ungu, Gigi
Lagu  : Tercipta Untukku, Nirwana
Selebriti : Vino Bastian, Enda gitaris Ungu
Makanan : seafood, pecel lele
Minuman : soda susu, capucino


Editor :