Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Idul Adha, Satgas Polri Pastikan Stok Beras di Sumatera Selatan Aman

Kompas.com - 30/05/2024, 18:52 WIB
Rahel Narda Chaterine,
Aryo Putranto Saptohutomo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Satuan Tugan (Satgas) Pangan Polri memastikan stok dan ketersediaan beras di wilayah Sumatera Selatan (Sumsel) menjelang Hari Raya Idul Adha 2024.

Berdasarkan pengecekan Tim Satgas Pangan Polri dan Kementerian Pertanian, stok beras di Sumsel masih tercukupi atau aman.

Kegiatan pengecekan ini juga berkoordinasi dengan Dinas Pertanian TPH Provinsi Sumatera Selatan karena di sana termasuk dalam lima produksi beras terbesar di Indonesia.

“Berdasarkan dari hasil koordinasi dengan Dinas Pertanian TPH Provinsi Sumatera Selatan dan pengecekan PT Wilmar Padi Indonesia, saat ini dalam keadaan aman sampai dengan Lebaran Idul Adha,” kata Anggota Satgas Pangan Polri Kombes M. Barly Ramadhany dalam keterangannya, Kamis (30/5/2024).

Baca juga: Satgas Pangan Polri Ungkap Penyebab Stok Beras di Sulsel Menurun


Barly mengatakan penyebab beras di Sumatera Selatan menjadi faktor utama inflasi karena ketika musim panen seperti sekarang harganya Rp 10.000/kilogram.

"Sedangkan pada saat musim paceklik itu harganya Rp 13.000. Untuk wilayah DKI Jakarta yang tidak ada produksi beras, tetapi mendapat kiriman dari beberapa daerah harganya flat Rp 12.500,” ucap Barly.

Selanjutnya, ia juga menyampaikan hasil pengecekan di tempat produksi beras PT. Wilmar Padi Indonesia. Di situ ditemukan produksi beras per hari sebanyak 50 sampai 90 ton.

Baca juga: Cek Tempat Penggilingan, Satgas Pangan Polri Pastikan Stok Beras Masih Cukup

Saat ini, kata Barly, ada stok beras sebanyak 600 ton dan stok gabah sebanyak 3.000 ton.

"Harga beli gabah di petani Rp 6.200/kilogram, area distribusi beras seluruh wilayah Sumatera Selatan," tambah dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com