Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganjar di Hadapan Relawan Jokowi: Banyak Pendukung Jokowi Sejak Awal Sudah Dukung Saya

Kompas.com - 03/06/2023, 22:55 WIB
Fika Nurul Ulya,
Novianti Setuningsih

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bakal calon presiden (capres) PDI-P, Ganjar Pranowo mengatakan, banyak pendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Pilpres sebelumnya, sudah memberi dukungan kepadanya.

Hal ini dikatakan Ganjar saat menyapa para relawan Jokowi dalam acara bertajuk "Deklarasi Nasional Relawan Jokowi Dukung Ganjar Pranowo" di Basket Hall Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (3/6/2023).

Awalnya, Ganjar mengatakan, para relawan tumbuh subur seperti jamur di musim hujan untuk mendukung Presiden Jokowi pada pemilihan umum (Pemilu) sebelumnya.

Kemudian, ia menyakini bahwa dari para relawan Jokowi itu sudah mendukung dirinya.

Baca juga: Di Tengah Kerumunan Relawan Jokowi, Ganjar Ajak Menangkan Pilpres Pakai Cara Elegan

"Beberapa tahun sebelum saya diumumkan, saya tidak hapal satu persatu. Seluruh relawan tumbuh bak jamur di musim hujan. Ada yang dari ujung desa, ada yang dari perkotaan," kata Ganjar di Basket Hall Senayan, Sabtu.

"Tentu saja banyak pendukung Pak Jokowi yang saat itu, sejak awal sudah mendukung saya. Kami menyampaikan terima kasih," ujarnya lagi.

Terbukti, Ganjar mengungkapkan, telah menerima dukungan dari relawan Jokowi di luar negeri.

"Tadi, sebelum saya sampai di gedung ini, relawan (di) eropa, di Belanda, di Jerman, juga melakukan hal yang sama. Kami menyapa hanya empat menit untuk menyampaikan itu," katanya.

Baca juga: Momen Saat Ganjar Dikerumuni di Acara Relawan Jokowi, Panggung sampai Penuh

Lebih lanjut, Ganjar mengakui besarnya kekuatan relawan dan partai politik (parpol) yang apabila disatukan diyakini bakal membawa kemenangan di pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

"Hari ini dua kekuatan besar antara parpol, antara relawan, wajib bersatu. Wajib bersatu. Kita galang kekuatan bersama-sama memenangkan kontestasi di 2024 nanti dengan cara yang elegan," ujar Ganjar.

Diberitakan sebelumnya, Ganjar mengakui bahwa sebagian relawan Jokowi memang memberikan dukungan ke bakal capres lain.

Namun, Ganjar menyebut jumlah relawan yang menyebrang tersebut kecil.

Saya haqqul yakin (sangat yakin) sebagian besar (relawan) akan ke sini. Meski sebagian kecil akan ke sana,” kata Ganjar usai meresmikan Rumah Aspirasi Relawan Ganjar Pranowo Presiden 2024 di Menteng, Jakarta Pusat pada 1 Juni 2023.

Pernyataan itu disampaikan Ganjar saat menjawab pertanyaan mengenai dukungan relawan Jokowi terpecah.

Diketahui, relawan Jokowi mania (Joman) memang ada yang menyatakan berpaling dari Ganjar dan mendukung bakal capres lain, yakni Prabowo Subianto.

Baca juga: PAN Ditawari PDI-P Dukung Ganjar, Zulhas: Kami Hormati Tawaran Itu, tapi...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com