Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepala Otorita IKN Optimistis Upacara Peringatan Kemerdekaan pada 2024 Digelar di IKN

Kompas.com - 30/03/2023, 10:56 WIB
Ardito Ramadhan,
Bagus Santosa

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono mengaku optimistis bahwa upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada tahun 2024 bisa digelar di IKN.

Bambang mengatakan, pada 2024 nanti, IKN sudah memiliki Plaza Kebangsaan yang bisa dijadikan lokasi upacara.

"Akan ada upacara bendera 17 Agustus 2024 di lapangan, jadi nanti plazanya jadi, akses kebangsaannya jadi, terus kiri kanannya Insya Allah nanti oke gitu ya, ada jalan yang bagus," kata Bambang dalam wawancara khusus bersama Kompas.com, Selasa (28/3/2023).

Baca juga: Bandara VIP Akan Dibangun di IKN, Berjarak 10 Kilometer dari Kota Nusantara

Bambang melanjutkan, pada 2024 nanti, area tersebut juga diharapkan menjadi lokasi pameran atau demonstrasi kendaraan tanpa awak yang bisa digunakan oleh masyarakat untuk berkeliling.

Ia juga berharap mal atau monumen titik nol IKN sudah berdiri pada tahun 2024 dan menjadi tempat berkumpulnya masyarakat.

"Jadi nanti di situ ada yang main musik, kita bisa duduk-duduk, habis upacara gitu kan, ngopi-ngopi, makan bakso, itu yang akan terjadi menurut saya ya sederhananya," kata Bambang.

Baca juga: Menhub Ungkap Rencana Pembangunan Jalur Kereta Api Balikpapan-IKN, Dibangun Sejajar dengan Tol

Namun demikian, Bambang tidak memberikan jawaban lugas saat ditanya kemungkinan Istana Kepresidenan di IKN sudah berdiri pada 2024.

Ia mengaku sudah meminta kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono agar bangunan itu sudah bisa berdiri tahun depan.

"Jadi mudah-mudahan nanti di lapangan saya sih optimis ya, insya Allah akan ada sesuatu yang kita bisa capai di 17 Agustus 2024," ujar Bambang.

Baca juga: IKN Bakal Punya Bandara VIP, Jaraknya 10 Kilometer dari Pusat Kota

Menurut dia, hal itu sekaligus akan menambah kepercayaan diri Indonesia terkait proyek pembangunan IKN.

"Dan teman-teman di internasional juga melihat, oh iya ternyata yang kita bangun itu enggak ecek-ecek, ini kelasnya adalah kelas yang standar internasional," kata Bambang.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menargetkan agar upacara peringatan proklamasi pada 17 Agustus 2024 mendatang akan digelar di IKN.

"Saya optimis tahun depan bulan Agustus insya Allah bisa upacara di sini," ujar Jokowi di kawasan IKN, Sepaku, Kalimantan Timur, Kamis (23/2/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com