Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yasonna Sudah Minta Klarifikasi ke Wamenkumham yang Dilaporkan ke KPK

Kompas.com - 15/03/2023, 17:38 WIB
Ardito Ramadhan,
Dani Prabowo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly mengaku sudah meminta klarifikasi kepada wakilnya, Edward Omar Sharif Hiariej, yang dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas dugaan gratifikasi.

Yasonna mengatakan, dalam pertemuan itu, Edward menjelaskan bahwa yang diduga terlibat dalam persoalan hukum itu bukan dirinya tapi asisten pribadinya.

"Wamen sudah saya panggil kemarin sore dan saya minta klarifikasi dan penjelasan, dan seperti yang disampaikannya ke publik, itu adalah stafnya yang sebagai lawyer," kata Yasonna di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (15/3/2023).

Baca juga: Duduk Perkara Perseteruan Aspri Wamenkumham Vs IPW, Berawal dari Dugaan Gratifikasi

Yasonna menuturkan, ia akan kembali meminta klarifikasi kepada Eddy, sapaan akrab Edward, yang sedang menjalani tugas di luar kota.

Lebih lanjut, Yasonna menyatakan bahwa ia menyerahkan proses ini ke penegak hukum karena asisten pribadi Eddy juga melayangkan laporan ke Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri.

"Saya dapat informasi, dia bilang stafnya sedang mengajukan juga ke Bareskrim. Jadi kita tunggu saja, biar penegak hukum saja," ujar Yasonna.

Ia pun belum bisa memastikan apakah asisten pribadi Eddy yang dilaporkan ke KPK itu akan dinonaktifkan atau tidak.

Baca juga: Ketua IPW Siap Hadapi Laporan Aspri Wamenkumham soal Pencemaran Nama Baik

"Ya nanti kita liat dulu, saya sudah minta irjen nanti," kata Yasonna.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Indonesia Police Watch (IPW) Sugeng Teguh Santoso melaporkan wakil menteri berinsial EOSH ke KPK karena diduga menerima aliran dana Rp 7 miliar melalui dua orang yang diakui sebagai asisten pribadinya, yakni YAR dan YAM.

“Jadi ini terkait adanya aliran dana sekitar Rp 7 miliar,” kata Sugeng saat ditemui awak media di gedung Merah Putih KPK, Selasa (14/3/2023).

Sugeng mengatakan, pihaknya menduga aliran dana Rp 7 miliar itu terkait dua peristiwa, yakni permintaan bantuan pengesahan status badan hukum dan konsultasi mengenai hukum.

Ia menyebut, dari peristiwa itu dugaan aliran dana Rp 7 miliar bisa diduga pemerasan dalam jabatan, gratifikasi, ataupun lainnya.

Baca juga: Wamenkumham Disebut Titip Aspri Jadi Komisaris, Aspri: Saya Pastikan Tidak Benar!

“Walaupun peristiwa tersebut terkait dengan permintaan bantuan seorang warga negara kepada Wamen EOSH. Saya Katakan itu ada aliran dana Rp 7 miliar,” ujar Sugeng.

Eddy pun telah membantah tudingan tersebut. Menurut dia, kasus yang dilaporkan oleh Sugeng adalah persoalan profesional amtara asistennya dengan IPW.

"Saya tidak perlu menanggapi secara serius karena pokok permasalahan adalah hubungan profesional antara Aspri saya YAR dan YAM sebagai lawyer dengan kilennya Sugeng," kata Eddy.

"Silahkan konfirmasi lebih lanjut kepada YAR dan YAM yang disebutkan oleh Sugeng dalam aduannya," imbuh dia.

Baca juga: Soal Laporan IPW, Aspri Wamenkumham: Jika Dipanggil KPK, Saya Akan Datang

Sementara itu, salah satu asisten pribadi Eddy, Yogi Ari Rukmana, melaporkan Sugeng ke Bareskrim atas dugaan pencemaran nama baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com