Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggal 23 Januari Hari Memperingati Apa?

Kompas.com - 21/01/2023, 00:00 WIB
Issha Harruma

Penulis


KOMPAS.com - Tanggal 23 Januari 2023 jatuh pada hari Senin. Pada hari ini, terdapat peringatan Hari Patriotik Gorontalo.

Selain itu, ada juga peringatan lain hari ini. Berikut beberapa hari penting yang jatuh pada 23 Januari 2023.

Baca juga: Hari Libur Nasional 2023

Hari Patriotik Gorontalo

Setiap tanggal 23 Januari, Provinsi Gorontalo memperingati Hari Patriotik atau dikenal dengan hari kemerdekaan Gorontalo.

Sebelum kemerdekaan Republik Indonesia, rakyat Gorontalo telah lebih dulu merdeka pada tanggal 23 Januari 1942. Pada hari itu, dikibarkan bendera merah putih dan dinyanyikan lagu Indonesia Raya.

Hingga tahun 1944, wilayah Gorontalo berdaulat dengan pemerintahan sendiri. Perjuangan patriotik ini pun menginspirasi dan memotivasi wilayah sekitar bahkan nasional dan menjadi tonggak kemerdekaan bangsa Indonesia.

Sosok proklamator kemerdekaan di Gorontalo, Nani Wartabone, kemudian dikukuhkan oleh Pemerintah RI sebagai Pahlawan Nasional.

Adanya Hari Patriotik bertujuan untuk mengajak seluruh masyarakat Gorontalo untuk terus mengingat sejarah ini.

Selain menjadi perayaan rutinitas, pemerintah juga memandang Hari Patriotik yang merefleksikan perjuangan para pahlawan di Gorontalo dapat memberikan efek positif untuk meningkatkan spirit kinerja pemerintah dan masyarakat.

Hari ini diharapkan dapat menjadi momen strategis bagi seluruh elemen masyarakat Gorontalo dalam mengobarkan semangat perjuangan pembangunan yang dilandasi rasa solidaritas untuk kemajuan Gorontalo dan Indonesia.

Pada peringatan Hari Patriotik 2023 tahun ini, tema yang diusung adalah “Sinergi, Kolaboratif dan Dedikasi untuk Gorontalo Maju”.

Baca juga: Biografi Nani Wartabone, Perintis Kemerdekaan Asal Gorontalo yang Merdeka Sebelum Indonesia

Hari Republik Filipina Pertama

Hari Republik Filipina Pertama atau disebut Araw ng Republika ng Pilipino dalam bahasa Tagalog merupakan adalah hari libur kerja tahunan di Filipina yang jatuh pada tanggal 23 Januari.

Peringatan tahunan ini ditetapkan pada tanggal 5 April 2018 oleh Presiden Rodrigo Duterte.

Hari ini dibuat untuk memperingati hari proklamasi Republik Filipina Pertama yang juga dikenal sebagai Republik Malolos oleh Jenderal Revolusi, Emilio Aguinaldo pada 23 Januari 1899 di Malolos, Bulacan.

Deklarasi kemerdekaan ini akhirnya bisa dilakukan setelah lebih dari 300 tahun Filipina berada di bawah kekuasaan Spanyol.

Sayangnya, pemerintahan ini hanya berusia pendek. Republik Filipina Pertama dibubarkan setelah Aguinaldo ditangkap dan dipaksa bersumpah setia kepada Amerika Serikat pada 1 April 1901.

Hari Republik Filipina Pertama adalah hari libur kerja di Filipina, meskipun organisasi swasta, sekolah, lembaga publik, dan bisnis lainnya tetap buka.

Peringatan ini menjadi hari istimewa bagi bangsa Filipina sebagai hari untuk merayakan kebebasan dan keberanian nasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com