Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelar Vaksinasi Massal, Kemenkes Targetkan 95 Persen Anak di Aceh Dapat Vaksin Polio

Kompas.com - 29/11/2022, 18:03 WIB
Fika Nurul Ulya,
Bagus Santosa

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menargetkan akselerasi vaksin polio di seluruh kabupaten/kota di Aceh mencapai 95 persen di putaran I maupun di putaran II.

Adapun jumlah anak-anak yang rencananya bakal mendapat vaksinasi mencapai 1.217.939 orang di wilayah Aceh. Anak tersebut merupakan anak usia 0-12 tahun di 21 kabupaten/kota.

"Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) ini berlangsung selama sepekan (di Kabupaten Pidie), target cakupan 95 persen untuk masing-masing putaran," kata Plt. Direktur Pengelolaan Imunisasi Ditjen P2P Kementerian Kesehatan, Prima Yosephine dalam konferensi pers secara daring, Selasa (29/11/2022).

Baca juga: Vaksinasi Polio Massal di Pidie Akan Dimulai Pekan Depan

Prima mengungkapkan, vaksinasi massal polio bertajuk Sub PIN ini dilakukan dalam dua putaran.

Sub PIN putaran pertama dilaksanakan di Kabupaten Pidie mulai 28 November 2022. Lalu, vaksinasi diperluas seminggu setelahnya di Kota Banda Aceh, Aceh Besar, Pidie Jaya, Bireun, Aceh Utara dan Kota Sabang akan dimulai 5 Desember.

Sedangkan untuk kabupaten/kota lain di Provinsi Aceh akan dimulai pada 12 Desember 2022.

"Kemarin sudah dimulai pelaksanaan yang pertama adalah di kabupaten Pidie. Minggu depan akan dimulai di kabupaten/kota lainya secara bertahap dan dimulai di 6 kabupaten/kota lain di sekitar kabupaten Pidie," tutur Prima.

"Kemudian minggu depannya lagi akan dimulai di seluruh kota lainnya," sambungnya.

Baca juga: Rekomendasi IDAI Terkait Kasus Polio, Orangtua Perlu Tahu

Kemudian, vaksinasi massal polio ini dilanjutkan dengan sub PIN kedua. Sub PIN putaran kedua akan dimulai pada minggu ke-4 Januari 2023 meliputi seluruh wilayah di Provinsi Aceh.

"Jadi dengan adanya kasus di awal November, maka sesuai rekomendasi ITAGI (Indonesian Technical Advisory Group on Immunization atau Komite Penasehat Ahli Imunisasi Nasional), kita harus segera lakukan penanggulangan dengan imunisasi massal yang akan diselenggarakan di kabupaten/kota seluruh Aceh," jelas Prima.

Sebagai informasi, pemerintah menargetkan 95.603 anak berusia 0-12 tahun di Kabupaten Pidie yang sudah dilaksanakan sejak tanggal 28 November 2022.

Hingga kini, jumlah anak yang telah mendapat imunisasi Polio mencapai 14.000 orang. Vaksinasi polio dinyatakan lengkap bila sudah mendapat vaksin OPV/vaksin tetes 4 dosis dan vaksin IPV/vaksin suntik 1 dosis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com