Kompas.com - 25/11/2022, 20:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat adanya 248 gempa susulan hingga Jumat (25/11/2022) pukul 15.00 WIB. Gempa susulan itu terjadi setelah gempa bumi di wilayah Cianjur, Jawa Barat, pada Senin (21/11/2022) siang.

Deputi Bidang Geofisika BMKG, Suko Prayitno Adi mengatakan, ratusan gempa susulan tersebut memiliki kekuatan bervariasi.

"Sampai jam 17.00 WIB, gempa susulan sampai hari ini adalah 248. Gempa terbesar magnitudo 4,2 dan terkecil 1,2," kata Suko dalam konferensi pers secara daring, Jumat.

Suko mengatakan, kekuatan gempa susulan ini mulai menurun dari hari ke hari. Tetapi, ia mengimbau warga untuk tetap berhati-hati. Salah satunya, tidak masuk ke dalam rumah jika rumah tersebut tidak layak huni akibat gempa.

Baca juga: 9 Pelintas Tewas akibat Gempa Cianjur, BNPB Minta Warga Lapor jika Merasa Kehilangan

"Alhamdulillah terus menurun walaupun satu dua kali dirasakan gempa tapi tidak membahayakan. Kalau rumah-rumah sudah tidak layak huni sebaiknya juga harus keluar dari rumah," ujarnya.

Lebih lanjut, Suko mengimbau masyarakat agar tetap tenang meski hujan di wilayah Cianjur dan sekitarnya terus mengguyur.

BMKG memprediksi, hujan akan mengguyur Cianjur hingga Sabtu (26/11/2022).

"Kondisi cuaca kita sampai besok pun masih seperti ini mohon dapat perhatian kita," kata Suko.

Baca juga: UPDATE Gempa Cianjur: 17 Jenazah Ditemukan, 9 di Antaranya Jadi Korban Saat Sedang Melintas

Seperti diketahui, gempa bumi mengguncang Kabupaten Cianjur pada Senin (21/11/2022) pukul 13.21 WIB.

Gempa dengan M 5,6 itu mengakibatkan ratusan korban meninggal dunia serta ribuan lainnya mengalami luka-luka.

Hingga Rabu (23/11/2022) sore, korban tewas mencapai 310 orang dan 24 warga Cugenang masih hilang.

Kemudian, sebanyak 17 orang ditemukan pada Jumat ini. 17 orang yang meninggal dunia itu terdiri dari 9 orang pelintas dan 8 orang warga Cugenang, Cianjur.

Baca juga: BNPB: 17 Jenazah Korban Gempa Cianjur Ditemukan Hari Ini, 9 Orang Hanya Pelintas

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.