Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/11/2022, 11:42 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan, hasil seleksi administrasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk tenaga kesehatan bakal diumumkan hari ini, Kamis (24/11/2022).

Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan Kemenkes, Arianti Anaya mengungkapkan, pengumuman hasil seleksi akan berlangsung hingga Jumat (25/11/2022).

"Hari ini tanggal 24-25 November akan ada pengumuman seleksi administrasi," kata Arianti Anaya dalam konferensi pers Pengadaan PPPK Tenaga Kesehatan Tahun 2022 di Gedung Kemenkes, Jakarta, Kamis.

Baca juga: Pemprov Jatim Buka Penerimaan PPPK, Total 3.811 Formasi untuk Guru hingga Nakes

Arianti mengatakan, jadwal pengumuman seleksi administrasi mengikuti penyesuaian jadwal seleksi PPPK yang ditutup pada tanggal 22 November dari semula tanggal 18 November.

Perubahan jadwal dilakukan lantaran masih banyak tenaga kesehatan honorer di daerah yang belum masuk dalam Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Kesehatan (SI SDMK).

Adapun jadwal tahapan seleksi PPPK sudah diatur dalam surat Plt Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor 38310/B-KS.04.01/SD/K/2022 tentang Penyesuaian Jadwal Pelaksanaan Seleksi Penerimaan PPPK Tenaga Kesehatan Tahun 2022.

Baca juga: Pendaftaran PPPK Tenaga Kesehatan 2022 Ditutup Hari Ini, Berikut Syarat dan Cara Daftarnya!

"Dan selanjutnya ada tanggal-tanggalnya. Tentunya semua seleksi akan dilakukan oleh Menpan RB. Jadi Kemenkes tugasnya mengumpulkan nakes honorer yang masih ada, untuk dilaporkan ke Menpan RB," ucap dia.

Lebih lanjut Arianti menyampaikan, tenaga kesehatan non ASN yang tersedia mencapai 484.052 orang. Rinciannya, 457.517 nakes di pemerintah daerah (Pemda), 23.917 nakes di kementerian/lembaga, serta 1.400 dan 1.200 nakes pasca penugasan aktif.

Namun, formasi nakes yang dibutuhkan tahun 2022 di Pemda hanya 80.049 orang, dan di kementerian/lembaga hanya 8.321. Secara total, formasi yang dibutuhkan sebanyak 88.370.

Baca juga: Perbaiki Kualitas Pendidikan di Daerah, Pemda Ramai-ramai Dukung Program Guru PPPK

"Artinya 31 persen usulan Pemda dapat dipenuhi melalui formasi PPPK tahun 2022," jelas Arianti.

Sebagai informasi pasca pengumuman seleksi administrasi, masa sanggah yang bisa dimanfaatkan nakes dilakukan pada 25-27 November 2022. Lalu, pengumuman hasil sanggah pada tanggal 25-28 November 2022 secara paralel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.