BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan TikTok

Serunya Kolaborasi Kreator Konten dan Musisi se-Asia Tenggara di TikTok For You Stage

Kompas.com - 02/11/2022, 19:31 WIB


JAKARTA, KOMPAS.comTikTok kembali menghadirkan wadah bagi kreator konten untuk berkreasi dan berkolaborasi. Kali ini, wadah itu diberikan melalui acara “TikTok For You Stage” yang diadakan pada Sabtu (29/10/2022).

Acara yang disiarkan langsung melalui TikTok LIVE di akun @tiktokofficialindonesia dan stasiun televisi RCTI itu menampilkan kolaborasi dari musisi dan kreator konten se-Asia Tenggara.

Kolaborasi pertama ditampilkan oleh kreator Eka Gustiwana serta penyanyi jebolan ajang pencarian bakat, yaitu Mahalini dan Ziva Magnolya. Dua penyanyi ini membawakan lagu berjudul “Berbeda tapi Satu” karya Eka Gustiwana dalam 30 bahasa daerah Indonesia.

Tak hanya bahasa, alunan alat musik tradisional dan berbagai tarian daerah Indonesia mengiringi penampilan pembuka tersebut.

Baca juga: Kolaborasi, JKT48 dan MNL48 Bawakan Lagu Fortune Cookie di TikTok For You Stage

Kolaborasi Eka, Mahalini, dan Ziva menunjukkan bahwa keberagaman bahasa dan budaya yang ada dapat mempersatukan masyarakat Indonesia. Hal ini pun sejalan dengan semangat Sumpah Pemuda yang diperingati setiap 28 Oktober.

General Manager Operations and Marketing TikTok Southeast Asia (SEA) Angga Anugrah Putra mengatakan bahwa #TikTokForYouStage sengaja diluncurkan bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda. Acara ini pun menjadi perayaan kreativitas kreator yang membawa kebahagiaan di For You Page (FYP) ke panggung For You Stage (FYS).

Hal tersebut juga sejalan dengan tujuan TikTok untuk menyediakan kesempatan nyata bagi para kreator konten agar terus berkarya di berbagai industri, termasuk hiburan dan musik.

“TikTok For You Stage adalah perwujudan langsung dari kolaborasi (para kreator konten dari beragam latar belakang). Kami menghidupkan panggung online yang selama ini mereka ramaikan dengan kreativitas tanpa batas ke panggung offline bersama nama-nama besar di industri hiburan dari berbagai negara,” ujar Angga dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (31/10/2022).

Kolaborasi selanjutnya yang tak kalah menarik adalah penampilan dari JKT 48 dan MNL 48. Idol sister berbeda negara ini sukses membuat penonton berteriak histeris dengan kolaborasi perdana mereka.

Baca juga: Lagi Sakit, Fabio Asher Berusaha Tampil Terbaik di TikTok For You Stage

JKT 48 membuka penampilan dengan menyanyikan lagu “Heavy Rotation”, sedangkan MNL 48 tampil dengan lagu “No Way Man”. Teriakan chant dari fan pun terdengar ketika 32 anggota idol grup ini menyanyikan lagu “Fortune Cookies” dalam bahasa Indonesia dan Filipina.

Kolaborasi penuh kejutan

Kolaborasi musisi dan kreator di TikTok For You Stage tidak berhenti di situ. Acara ini juga menampilkan kolaborasi lintas genre dari band legendaris Indonesia, Slank, bersama rapper dan kreator TikTok Malikoendang.

Kolaborasi Slank dan Malikoendang.Dok. TikTok Kolaborasi Slank dan Malikoendang.

Saat menyanyikan lagu “Mars Slankers”, suara khas Kaka serasi saat berselingan dengan rap dari Malik Radian, nama asli dari Malikoendang. Penonton pun larut dan ikut menyanyi. Sesekali terdengar teriakan penonton saat lirik “kerja kerja, kerja” dinyanyikan.

Menurut Slank, kreativitas dan bakat kreator di TikTok termasuk luar biasa. Pasalnya, mereka dapat menjahit kolaborasi, baik dengan sesama kreator maupun musisi, seperti Slank yang sudah mulai aktif di TikTok.

“Hal tersebut kami rasakan, terutama saat mempersiapkan kolaborasi dengan Malikoendang yang memiliki ciri khas kuat. Hal ini justru memberikan nuansa baru di musik Slank," kata Slank.

Senada dengan Slank, Malik pun merasa bangga mendapatkan kesempatan untuk berduet dan stitch video dengan musisi melalui TikTok.

“Hal tersebut telah membuka kesempatan yang lebih besar bagi saya. Salah satunya dan tidak pernah terbayangkan adalah memberikan penampilan terbaik saya bersama band rock sehebat Slank. Itu hanya bisa terjadi di panggung TikTok,” ujarnya.

Baca juga: MNL48 Siap Beri Kejutan di TikTok For You Stage

Kolaborasi penuh kejutan lain datang dari penampilan battle dance Ambyar People dan Palicte Family.

Sebagai informasi, Palicte Family merupakan dancing family asal Filipina yang populer dengan gerakan tubuh yang luwes dan menghibur. Begitu juga dengan grup dance asal Yogyakarta, Ambyar People, yang kontennya selalu menarik perhatian.

Battle dance dibuka oleh Palicte Family yang mengover tarian lagu “Bang Bang Bang” dari Big Bang. Untuk diketahui, tarian ini melejitkan nama Palicte Family di TikTok. Tak mau kalah, Ambyar People pun membalas dengan menarikan tarian dari lagu “Kok Iso Yo?” yang dipopulerkan Guyon Waton.

Teriakan dari penonton semakin riuh saat Palicte Family sukses menarikan dance dari lagu “Mendung Tanpo Udan” dan Ambyar People menari dengan diiringi lagu “Beatbox”. Kedua dance group itu menutup penampilannya dengan kolaborasi dance apik dalam lagu “Pink Venom” milik Blackpink yang ikonik.

Acara yang berlangsung selama lebih kurang dua jam tersebut juga menampilkan aksi sulap dari Jerry Piko yang berkolaborasi dengan Demian Aditya, illusionist tersohor Tanah Air.

Jerry merupakan kreator TikTok dengan konten sulap gelembung sabun yang unik. Ia pun terkenal sebagai bubbleologist.

Baca juga: Tampil di Acara TikTok For You Stage, PSY: Jangan Sampai Kelewatan

Penampilan Jerry di TikTok For You Stage diawali dengan kepiawaiannya menciptakan bubble berbagai rupa. Aksi selanjutnya, Jerry menuju kotak besar di tengah panggung dan berhasil memunculkan Demian dari dalamnya.

Kemudian, Jerry membantu Demian beraksi membuat seorang wanita melayang di udara dan menghilang. Kolaborasi tersebut membuat penonton kagum dan bertepuk tangan dengan meriah.

Daniel Mananta, Rina Nose, dan Irfan Hakim saat menjadi MC TikTok For You Stage. Dok. TikTok Daniel Mananta, Rina Nose, dan Irfan Hakim saat menjadi MC TikTok For You Stage.

TikTok For You Stage ditutup dengan penampilan spesial dari PSY. Penyanyi asal Korea Selatan bernama asli Park Jae-sang tersebut sukses membuat penonton bernyanyi dan bergoyang bersama.

Penampilan PSY dibuka dengan lagu berjudul “That That” yang merupakan lagu duetnya dengan Suga dari BTS. Kemudian, ia juga membawakan tembang hit lain, yaitu “Daddy”.

Tak ketinggalan, lagu yang memopulerkan namanya, yaitu “Gangnam Stye”, dinyanyikan sebagai penutup acara. Penampilan PSY ini membuat TikTok For You Stage meriah dan memorable. Para penonton dan kreator konten yang hadir pun hanyut dalam suasana seru yang ditampilkan rapper tersebut.

Baca juga: Aksi PSY Guncang Panggung TikTok For You Stage, Gangnam Style Jadi Penutup

Sebagai informasi, TikTok For You Stage juga menampilkan sejumlah figur publik Indonesia, seperti Vidi Aldiano, Brisia Jodie, Atta Halilintar, Aurel Hermansyah, Unity, Mikha Tambayong, Fabhio Asher, dan Wawan Teamlo.

Acara yang dipandu oleh Daniel Mananta, Rina Nose, dan Irfan Hakim tersebut juga dihadiri sejumlah kreator TikTok dari Asia Tenggara yang menginspirasi. Sebut saja, Tippiez, Thammachad, Coco, dan PJ Jojoe dari Thailand, Ciin dan Tuan Ngoc Day dari Vietnam, Alex dan Khairulaming dari Malaysia, Sillyian dan Ming Wei dari Singapura, serta Nanasilayro dari Filipina.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai acara #TikTokForYouStage dan program-program seru lain, silakan kunjungi akun resmi TikTok Indonesia di @tiktokIDofficial. 


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

KPK Jebloskan Hakim Itong ke Lapas Surabaya

KPK Jebloskan Hakim Itong ke Lapas Surabaya

Nasional
Skor Indeks Persepsi Korupsi Merosot ke 34 Poin, ICW Sebut Indonesia Layak Dikategorikan Negara Korup

Skor Indeks Persepsi Korupsi Merosot ke 34 Poin, ICW Sebut Indonesia Layak Dikategorikan Negara Korup

Nasional
Komisi I DPR Selesai Gelar 'Fit and Proper Test' 13 Calon Dubes, Hasilnya Rahasia

Komisi I DPR Selesai Gelar "Fit and Proper Test" 13 Calon Dubes, Hasilnya Rahasia

Nasional
Temui Mahasiswa di Turkiye, Prabowo Minta Mereka Bangga Bawa Nama Indonesia

Temui Mahasiswa di Turkiye, Prabowo Minta Mereka Bangga Bawa Nama Indonesia

Nasional
Golkar Klaim Tak Bahas soal 'Reshuffle' dengan Surya Paloh

Golkar Klaim Tak Bahas soal "Reshuffle" dengan Surya Paloh

Nasional
Manuver Nasdem ke Golkar Dinilai untuk Jaga Hubungan dengan Istana

Manuver Nasdem ke Golkar Dinilai untuk Jaga Hubungan dengan Istana

Nasional
Surya Paloh Temui Ketum Golkar, Demokrat Sebut Itu Arti Keterbukaan Koalisi Perubahan

Surya Paloh Temui Ketum Golkar, Demokrat Sebut Itu Arti Keterbukaan Koalisi Perubahan

Nasional
KPK Sebut Benturan Kepentingan Pengusaha-Pejabat Jadi Faktor Tingginya Korupsi Politik

KPK Sebut Benturan Kepentingan Pengusaha-Pejabat Jadi Faktor Tingginya Korupsi Politik

Nasional
Jika Jabatan Gubernur Dihapus, Beban Pemerintah Pusat Dikhawatirkan Membengkak, Pengawasan Melemah

Jika Jabatan Gubernur Dihapus, Beban Pemerintah Pusat Dikhawatirkan Membengkak, Pengawasan Melemah

Nasional
Golkar: Tak Ada Pembahasan Pasangkan Airlangga-Anies dalam Pertemuan dengan Surya Paloh

Golkar: Tak Ada Pembahasan Pasangkan Airlangga-Anies dalam Pertemuan dengan Surya Paloh

Nasional
Korupsi Politik Tinggi Bakal Buat Investor Enggan Melirik Indonesia

Korupsi Politik Tinggi Bakal Buat Investor Enggan Melirik Indonesia

Nasional
Belum Ada 'Reshuffle' Kabinet Hari Ini, Golkar: Presiden Tak Ingin Ada Kegaduhan

Belum Ada "Reshuffle" Kabinet Hari Ini, Golkar: Presiden Tak Ingin Ada Kegaduhan

Nasional
Surya Paloh Buka Peluang Nasdem Gabung KIB, PKS Sebut Peluang Golkar ke Koalisi Perubahan Lebih Besar

Surya Paloh Buka Peluang Nasdem Gabung KIB, PKS Sebut Peluang Golkar ke Koalisi Perubahan Lebih Besar

Nasional
Indeks Korupsi Indonesia Melorot, Strategi Pencegahan Dinilai Tak Efektif

Indeks Korupsi Indonesia Melorot, Strategi Pencegahan Dinilai Tak Efektif

Nasional
Kapolri Akui Anggotanya Masih Minim Pengetahuan Soal Pengamanan Pertandingan Sepak Bola

Kapolri Akui Anggotanya Masih Minim Pengetahuan Soal Pengamanan Pertandingan Sepak Bola

Nasional
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.