Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komnas HAM Harap Desain Baru Stadion Kanjuruhan Bawa Spirit Perubahan dan Semangat Korban

Kompas.com - 19/10/2022, 19:15 WIB
Vitorio Mantalean,
Bagus Santosa

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Komisioner bidang penyelidikan dan pemantauan Komnas HAM Choirul Anam menyinggung komitmen Presiden Joko Widodo untuk membangun kembali Stadion Kanjuruhan.

Dia berharap agar desain anyar stadion itu mencerminkan spirit perubahan tata kelola sepak bola Indonesia dan semangat para korban. Adapun dalam tragedi ini mengakibatkan 133 korban meninggal.

"Jadi desainnya jangan desain biasa, (namun) desain yang mencerminkan semua harapan: harapan korban, para suporter, pemain, dan sebagainya," ucap Anam mengakhiri konferensi pers pada Rabu (19/10/2022).

"Jadi tidak semata-mata sebagai satu gedung untuk satu perhelatan olahraga, tapi sebagai satu gedung yang mencerminkan spirit perubahan," imbuhnya.

Baca juga: Jokowi Sebut Stadion Kanjuruhan Akan Dirobohkan dan Dibangun Lagi

Diberitakan sebelumnya, Jokowi menyampaikan akan membangun ulang Stadion Kanjuruhan. Hal itu dikatakan setelah dia menerima kedatangan Presiden FIFA Gianni Infantino, kemarin.

Pertemuan keduanya melahirkan kesepakatan untuk transformasi sepak bola Indonesia.

"Tadi saya juga menyampaikan dan FIFA mengapresiasi untuk Stadion Kanjuruhan di Malang juga akan kami runtuhkan dan kami bangun lagi sesuai dengan standar FIFA," kata Jokowi di Istana Merdeka.

Baca juga: Temuan TGIPF: Ada Upaya Polisi Ganti Rekaman CCTV Stadion Kanjuruhan

Menurut Jokowi, pembangunan kembali Stadion Kanjuruhan akan menerapkan fasilitas stadion yang lebih memadai dan sesuai standar FIFA, dengan pembiayaan dari pemerintah.

Eks Wali Kota Solo itu mengeklaim bahwa stadion anyar tersebut akan menjadi contoh stadion di Indonesia dengan fasilitas yang menjamin keselamatan penonton, pemain, hingga suporter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com