Kompas.com - 06/10/2022, 09:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo mengapresiasi tim demo udara yang sukses menjalankan tugasnya dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 TNI di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (5/10/2022).

“Terima kasih dan rasa bangga saya kepada tim demo udara yang telah melaksanakan tugas dengan sangat baik," ujar Fadjar kepada para penerbang tim demo udara di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, dikutip dari siaran pers, Kamis (6/10/2022).

Baca juga: KSAU  Resmikan 7 Satuan Baru, Ini Daftarnya

Fadjar menyampaikan, para pejabat negara yang menyaksikan langsung demo udara di Istana Merdeka sangat kagum dengan profesionalisme para penerbang TNI.

“Presiden RI Joko Widodo dan para tamu undangan di tribune utama merasa kagum dan bangga atas kemampuan penerbang penjaga kedaulatan negara, dalam melaksanakan manuver udara," jelas Fadjar.

Atraksi udara  pesawat tempur F-16 dari TNI Angkatan Udara saat perayaan HUT ke-77 TNI di atas Monumen Nasional, Jakarta, Rabu (5/10/2022).KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Atraksi udara pesawat tempur F-16 dari TNI Angkatan Udara saat perayaan HUT ke-77 TNI di atas Monumen Nasional, Jakarta, Rabu (5/10/2022).

Menurut Fadjar, apresiasi tersebut merupakan bentuk keberhasilan dan kerja keras bersama selama ini yang perlu dipertahankan.

Fadjar pun meminta para penerbang dan seluruh kru tetap menjaga kesehatan dan mengutamakan keselamatan ketika kembali ke satuan masing-masing, serta menyampaikan salam hormat kepada komandan satuan dan keluarga.

Dalam demo udara tersebut, TN AU mengerahkan 8 pesawat tempur F-16 yang berasal dari Skuadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin dan Skuadron Udara 14 Lanud Iswahjudi.

Baca juga: Rangkaian Atraksi Pesawat Tempur Tutup Upacara HUT Ke-77 TNI

Enam pesawat KT-1 Wong Bee yang tergabung dalam Jupiter Aerobatic Team (JAT) dan 8 helikopter gabungan yang berasal dari TNI AU, TNI Angkatan Darat, dan TNI Angkatan Laut.

Pada demo udara tersebut, 8 jet tempur F-16 melakukan flypass atau terbang lintas.

Sedangkan, 8 helikopter membawa bendera raksasa Merah Putih dan bendera Trimatra TNI.

Sementara, JAT akan menunjukkan 10 manuver dengan durasi sekitar 12 menit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.