Kompas.com - 30/09/2022, 15:24 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Satuan Tugas (Satgas) Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) menangkap tiga tersangka yang melakukan perdagangan orang ke negara Kamboja.

"Melakukan penangkapan terhadap tiga tersangka jaringan Kamboja," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Jumat (30/9/2022).

Baca juga: Polri Amankan 22 Orang Diduga Korban TPPO dari Vila Dago Pamulang

Ketiga tersangka itu ditangkap di dua lokasi. Pada 24 September 2022 tersangka inisial C dan S ditangkap di Indramayu, Jawa Barat.

Sementara satu tersangka lain berinisial M, ditangkap di Pamulang, Tangerang Selatan tanggal 26 September 2022.

"Ketiga tersangka berperan sebagai perekrut korban dan koodinator perekrut daerah dan menyediakan tempat penampungan sebelum korban diberangkatkan. serta membantu membuatkan paspor para korban," ucap Ramadhan.

Ramadhan mengatakan, Satgas TPPO Polri juga melakukan penggeledahan di tempat tinggal tersangka M yang berlokasi di Vila Dago Pamulang, Tangerang Selatan.

Saat penggeledahan, ditemukan sejumlah orang yang diduga korban.

Baca juga: Rumah di Vila Dago Pamulang Digerebek Polisi, Puluhan Remaja Diangkut

 

Polri juga barang bukti berupa empat unit PC, lima unit monitor, satu unit laptop dan 17 buah paspor.

"Ditemukan tempat yang diduga sebagai penampungan PMI (pekerja migran Indonesia) dan 22 orang diduga calon korban yang akan diberangkatkan ke negara Kamboja secara non-prosedural," ucap dia.

Diberitakan sebelumnya, salah seorang petugas kemananan di lokasi Vila Dago Pamulang, Tangerang Selatan mengatakan ada kegiatan penggerebekan yang dilakukan polisi.

Petugas keamanan itu mengatakan, setidaknya 23 orang diangkut dari rumah tersebut pada Senin (26/9/2022).

"Penggerebekan siang sampai malam jam 20.00 WIB," ujar petugas keamanan tersebut.

"Pas saya datang sudah pada bubar, ada puluhan orang diangkut pakai dua mobil gede minibus, semuanya sama yang punya (ngontrak)," imbuhnya.

Baca juga: Polisi Gerebek Rumah di Pamulang Terkait Dugaan Perdagangan Orang

Sekuriti tersebut mengatakan, gabungan polisi dari Mabes Polri itu menggunakan kemeja berwarna putih saat datang ke lokasi penggerebekan.

Mereka menggunakan sekitar lima mobil dan dikawal oleh dua sepeda motor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.