Kompas.com - 30/09/2022, 04:40 WIB
|


KOMPAS.com - Tanggal 2 Oktober 2022 jatuh pada hari Minggu. Pada hari ini terdapat peringatan Hari Batik Nasional.

Selain itu, ada juga peringatan-peringatan lain hari ini. Berikut beberapa hari penting yang jatuh pada 2 Oktober 2022.

Baca juga: Alasan Adanya Peringatan Hari Batik Nasional dan Sejarahnya...

Hari Batik Nasional

Hari Batik Nasional diperingati setiap tahun pada tanggal 2 Oktober. Tanggal ini dipilih karena merupakan tanggal diakuinya batik sebagai warisan budaya dunia tak benda yang berasal dari Indonesia.

Dalam sidang keempat komite antar-pemerintah tentang warisan budaya tak benda yang diselenggarakan UNESCO pada 2 Oktober 2009, batik resmi terdaftar sebagai Warisan Kemanusiaan Karya Agung Budaya Lisan dan Non-bendawi di UNESCO.

Selain batik, dalam kesempatan yang sama, UNESCO juga mengakui wayang, keris, noken, dan tari saman sebagai warisan budaya tak benda.

Pemerintah kemudian menetapkan Hari Batik Nasional melalui Keputusan Presiden Nomor 33 Tahun 2009.

Adanya hari ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia untuk melindungi dan mengembangkan batik Indonesia.

Hari Anti Kekerasan Internasional

Hari Anti Kekerasan Internasional diperingati setiap tanggal 2 Oktober. Tanggal ini dipilih karena merupakan tanggal kelahiran Mohandas Karamchand Gandhi atau dikenal sebagai Mahatma Gandhi.

Hari ini dibuat oleh Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) pada tahun 2007. Gandhi menjadi inspirasi ditetapkannya hari ini karena karyanya yang telah banyak memengaruhi aksi protes global terhadap kekerasan.

Gandhi dikenal konsisten menyuarakan ketidakadilan dengan menggunakan kekerasan.

Adanya Hari Anti Kekerasan Internasional bertujuan untuk meningkatkan kesadaran publik akan pentingnya perdamaian, sikap saling toleransi dan tanpa kekerasan.

Baca juga: Apa Kabar Satuan Tugas Anti Kekerasan Seksual di Kampus?

Hari Hewan Ternak Sedunia

Hari Hewan Peternakan Sedunia, yang jatuh pada tanggal 2 Oktober setiap tahun bertujuan untuk memberikan pencerahan dan kesadaran tentang perlakuan buruk terhadap hewan.

Hari ini dibuat sebagai bagian dari kampanye Gerakan Hak Hewan Ternak Internasional pada tahun 1983. Perlakuan buruk dan pembantaian hewan ternak merupakan hal yang tak jarang terjadi.

Dibuatnya Hari Hewan Peternakan Sedunia diharapkan dapat mendorong peternak dan pihak yang terlibat lain untuk memperlakukan hewan ternak dengan baik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.