Kompas.com - 26/09/2022, 13:44 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin berdialog dengan warga negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Jepang Wisma Duta Kedutaan Besar Republik Indonesia, Tokyo, di sela-sela kunjungan Ma'ruf ke Jepang, Senin (26/9/2022).

Kepada para diaspora, Ma'ruf berharap agar mereka menjadi duta negara dalam menjaga hubungan baik antara Indonesia dan Jepang.

“Kehadiran diaspora Indonesia di Jepang dapat berkontribusi secara positif, menjadi duta Indonesia, memberikan karya terbaik, mematuhi hukum setempat, saling jaga silaturahmi, dan saling membantu,” kata Ma'ruf, dikutip dari siaran pers.

Baca juga: Wapres Maruf Amin Bertolak ke Jepang Hadiri Pemakaman Kenegaraan Shinzo Abe

Ma'ruf menuturkan, Indonesia dan Jepang akan merayakan 65 tahun hubungan bilateral pada tahun 2023.

“Saya berharap hubungan persahabatan antara kedua negara yang telah berjalan lebih dari enam dekade akan semakin erat dan memberikan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat kedua negara,” kata dia.

Ma'ruf pun berpesan agar para diaspora terus menjaga jatidiri sebagai bangsa Indonesia yakni dengan mengamalkan Pancasila serta menghargai kebhinekaan.

Di samping itu, Ma'ruf menyampaikan bahwa ia akan bertemu dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida pada Senin sore ini untuk menindaklanjuti kunjungan Presiden Joko Widodo pada Juli 2022 lalu.

Baca juga: Iriana Jokowi dan Wury Maruf Amin Terbang ke Jateng, Akan Bagikan Sembako

Ia mengatakan, pertemuan nanti juga akan membahas sejumlah kepentingan Indonesia, khususnya penguatan kerja sama ekonomi, ketenagakerjaan, kesehatan, dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia.

"Saya (juga) ingin mendorong kerjasama potensial Indonesia dan Jepang utamanya pengembangan ekonomi syariah dan industri halal, pada sektor unggulan yaitu makanan, kosmetika, fesyen, dan pariwisata,” ujar Ma'ruf.

Hingga Desember 2021, jumlah WNI di Jepang mencapai 59.820 orang yang terdiri dari pemegang izin tinggal permanent resident, temporary resident, pemagang, pelajar, istri/suami WN Jepang, visa untuk aktivitas tertentu dan lain-lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.