Kompas.com - 08/09/2022, 14:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo menginstruksikan jajarannya untuk segera memperbaiki stadion-stadion yang akan menjadi venue Piala Dunia U-20 2023 sebelum inspeksi FIFA pada Oktober 2022.

"Bapak Presiden memberikan arahan kepada kami untuk segera memperbaiki itu karena kita ada deadline kira-kira sekitar Oktober FIFA akan melihat sejauh mana," kata Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali seusai rapat terbatas di Istana Kepresidenanan, Jakarta, Kamis (8/9/2022).

Baca juga: Stadion Gelora Bung Tomo Siap Jadi Venue Kualifikasi Piala AFC U20

Ada enam stadion yang disiapkan pemerintah untuk menjadi venue Piala Dunia U20 2023, yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Gelora Sriwijaya (Palembang), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali).

Zainuddin mengatakan, keenam stadion itu sudah siap digunakan pada 2021 sebelum FIFA memutuskan mengundur penyelenggaraan Piala Dunia U-20 akibat pandemi Covid-19.

Akan tetapi, sejumlah perbaikan perlu dilakukan untuk memenuhi standar FIFA karena stadion-stadion tersebut telah dipakai di sejumlah event olahraga dalam dua tahun terakhir.

Ia mencontohkan, Stadion Manahan sudah digunakan untuk turnamen pramusim seperti Piala Menpora dan Piala Presiden, Liga 1, serta ASEAN Para Games.

"Sehingga Kondisinya masih perlu perbaikan lagi sama halnya dengan stadion-stadion lainnya seperti Si Jalak Harupat Bandung dan lain sebagainya," kata Zainuddin.

Baca juga: Daftar 30 Pemain Timnas U20 Indonesia untuk TC Persiapan Kualifikasi Piala Asia 2023

Ia menambahkan, keputusan akhir mengenai stadion mana saja yang menjadi venue Piala Dunia U-20 akan berdasarkan hasil inspeksi FIFA pada Oktober.

"FIFA sampai dengan hari ini blm menetapkan dari 6 itu, jadi tetap 6 itu masih on. Tergantung inspeksi nanti bulan yang mereka akan datang, sekitar akhir Oktober lah atau awal November di situ kita akan ketahui," ujar Zainuddin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.